Saat Bincang Pemilu, Kapolres Bengkalis paparkan sejumlah persoalan terkait pilkada

id polres bengkalis,kapolres bengkalis,pilkada bengkalis,binang pemilu,kabupaten bengkalis,kpu bengkalis

Saat Bincang Pemilu, Kapolres Bengkalis paparkan sejumlah persoalan terkait pilkada

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro didampingi Ketua KPU Bengkalis dan Bawaslu melaksanakan kegiatan bincang pemilu Pilkada bersama mahasiswa STAIN Bengkalis. (ANTARA/HO-Polres Bengkalis)

Bengkalis (ANTARA) - Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro memaparkan sejumlah persoalan yang akan dihadapi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Dalam mengatasi persoalan tersebut tentu semua pihak harus saling berkoordinasi agar pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik dan damai.

"Banyak persoalan yang akan dihadapi Polri dalam menghadapi proses pilkada di Kabupaten Bengkalis, tentu koordinasi baik dari KPU, Bawaslu dan juga mahasiswa akan mewujudkan Pilkada yang damai," kata Kapolres saat melaksanakan kegiatan Bincang Pemilu bersama KPU,Bawaslu dan mahasiswa STAIN Bengkalis, Senin (7/10)

Adapun persoalan tersebut, kata Kapolres, di antaranya kondisi logistik pemilu yang terendam air akibat musim hujan yang berkepanjangan. Hal ini berdampak pada 35 tempat pemungutan suara (TPS) yang terpaksa harus direlokasi ke lokasi yang lebih aman. Selain itu, Kapolres juga mencatat adanya kekurangan surat suara di beberapa TPS, yang menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara.

Selain itu akan menghadapi persoalan isu ketidaknetralan Aparatur Sipil Negara (ASN), pihaknya bersama tim terkait akan melakukan tindakan tegas dengan memberikan sanksi hukum kepada ASN yang terlibat.

"Ada beberapa pelanggaran pidana pemilu yang telah teridentifikasi oleh Sentra Gakkumdu, yang memerlukan pemungutan suara ulang (PSU)," kata Bimo.

Selanjutnya, tentang persiapan untuk Pilkada 2024 yang akan datang. Ia menekankan pentingnya pemetaan TPS yang rawan banjir, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akurat, serta kompetensi dan integritas penyelenggara Pilkada, terutama di tingkat desa dan kelurahan.

"Pengamanan dan distribusi kebutuhan logistik juga menjadi fokus utama, guna memastikan semua berjalan lancar tanpa kendala," katanya.

Kapolres juga berharap seluruh elemen masyarakat dapat bersinergi dalam menyukseskan Pemilu 2024 di Kabupaten Bengkalis. Semua pihak diingatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta menghormati proses demokrasi yang sedang berlangsung. Dengan semangat kolaborasi dan kesadaran, diharapkan pemilu kali ini dapat berlangsung dengan aman, damai, dan sesuai dengan harapan masyarakat.