Raih peringkat enam MTQ Nasional, Gubri Rahman Hadi sambut kedatanga kafilah Riau

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita iau antara,Pemprov, Kominfo

Raih peringkat enam MTQ Nasional, Gubri Rahman Hadi sambut kedatanga kafilah Riau

Raih peringkat enam MTQ Nasional, Gubri Rahman Hadi sambut kedatanga kafilah Riau (ANTARA/HO-Humas Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Rahman Hadi menyambut kedatangan kafilah Riau pada MTQ Nasional Kalimantan Timur di Bandara Sultan Syarif Kasim, Senin (16/9/2024).

Pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XXX di Kalimantan Timur, Provinsi Riiau berhasil meraih peringkat 6, prestasi ini jauh meningkat pada MTQ sebelumnya peringkat 19.

Pj Gubri Rahman Hadi merasa bangga atas prestasi kafilah riau, Ia menyebut prestasi ini mengharumkan nama bumi lancang kuning.

Menurutnya, putra putri terbaik itu pulang dengan membawa kebanggaan dan harapan baru bagi Provinsi Riau, karena kesuksesan mereka di MTQ Nasional menjadi tonggak penting dalam perjalanan mereka mengharumkan nama daerah.

"Alhamdulillah, kafilah kita yang berjumlah 56 orang berangkat dua minggu yang lalu untuk mengikuti MTQ Nasional di Kalimantan Timur. Hari ini kita mendengar kabar menggembirakan bahwa mereka tiba di Pekanbaru dalam keadaan sehat dan selamat. Tapi lebih dari itu, mereka membawa prestasi yang gemilang," ujarnya.

Dijelaskan, pada ajang MTQ Nasional sebelumnya di Kalimantan Selatan, kafilah Riau berada di peringkat ke-19. Namun, tahun ini terjadi suatu lonjakan drastis oleh peserta dengan berhasil naik ke posisi ke-6 dari 38 provinsi yang berpartisipasi.

"MTQ yang lalu di Kalimantan Selatan kita berada di urutan yang ke-19. Hari ini kita bisa membubuhkan bahwa Riau berada di urutan ke-6 dari 38 provinsi. Ini adalah suatu kebanggaan bagi kita semua," jelasnya.

Diungkapkan, hasil yang diraih kafilah Riau bukan hanya sekadar pencapaian pribadi para peserta. Tetapi juga merupakan pencapaian bersama seluruh pihak dan masyarakat Riau yang telah memberikan dukungan moral dan doa.

"Suatu kebahagiaan atas prestasi dan dedikasi dari semua pihak para peserta, ofisial, kemudian dukungan dari semua pihak dan kerjasama untuk keberhasilan ini membuahkan hasil. Prestasi ini adalah wujud dari kerja keras dan doa seluruh masyarakat Riau, dan kita semua harus bangga akan hal ini," ungkapnya.

Diterangkan, kafilah Riau tidak hanya berkompetisi, tetapi juga telah mengharumkan nama daerah dengan menunjukkan keahlian dan keuletan mereka dalam berbagai cabang lomba, mulai dari tilawah hingga hifzil Qur'an dan kaligrafi.

Pada MTQ Nasional tahun ini, tua rumah Provinsi Kalimantan Timur meraih juara umum dengan meraih 579 poin, Jakarta 478 poin, disusul Jawa Timur 275 poin, Jawa Barat 146 poin, Sumsel 125 poin dan Riau 98 poin.

Kemudian di bawah Riau ada Kalsel 94 poin, Sumatera Utara 84 poin, Banten 72 poin dan Kepulauan Riau (Kepri) 67 poin.