PLN Mobile jadi tonggak penting transformasi layanan di Riau dan Kepri

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antra, PLN

PLN Mobile jadi tonggak penting transformasi layanan di Riau dan Kepri

Seorang model menunjukkan aplikasi PLN Mobile di gawainya. (ANTARA/HO-PT PLN)

Pekanbaru (ANTARA) - Transformasi digital yang dilakukan PT PLN (Persero) menjadi titik perubahan besar perseroan dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. PLN berhasil dalam implementasi dan pemanfaatan teknologi digital sehingga memudahkan pelayanan bagi masyarakat. Dahulu layanan PLN berbelit dan tidak bisa dilacak, sekarang dengan PLN Mobile semua menjadi mudah, transparan, dan responsif.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau, Tonny Bellamy, mengatakan PLN mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi. Apalagi, sebagai perusahaan dengan jumlah pelanggan di Riau dan Kepulauan Riau yang mencapai 2,5 juta, PLN dituntut dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat.

“Dulu, proses bisnis PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. Sistem lama ini membuat seluruh proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Kami melakukan transformasi dengan basis digitalisasi,” ujar Tonny.

Dia menambahkan, melalui transformasi pihaknya meringkas, menyederhanakan dan mendigitalisasi proses bisnis. Hasilnya, semua proses bisnis mampu dipantau secara real time. Seluruh kendala maupun tantangan mampu direspons cepat oleh perusahaan sehingga menghasilkan layanan yang lebih cepat.

Salah satu hasil dari transformasi ini adalah lahirnya aplikasi New PLN Mobile. Dulu, sebelum dilakukan transformasi layanan aplikasi PLN Mobile hanya mendapatkan rating sebanyak 2,5 dari skala 5, dengan kolom komentar banyak diisi kekecewaan pelanggan.

“Kini, PLN Mobile bukan sekedar aplikasi saja, kini menjadi one stop services kebutuhan masyarakat mulai dari layanan kelistrikan, layanan kendaraan listrik, hingga layanan internet. Lewat PLN Mobile, masyarakat makin efisien waktu dan mampu mendapatkan layanan tercepat dari PLN,” kata Tonny.

Tak ayal, pengguna PLN Mobile kini telah didownload oleh 1,1 juta pengguna di Riau dan Kepulauan Riau, dengan skor rating mencapai 4,9. Bahkan, jika melihat di Play Store dan App Store, aplikasi ini menjelma menjadi salah satu aplikasi pelayanan publik terbaik di Asia, bahkan dunia.

“Alhamdulillah, masyarakat menyambut perubahan kami. Aplikasi pelayanan pelanggan kami PLN Mobile mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses kelistrikan,” ungkap Tonny.