TNI AU dan RSAF Singapura latihan bersama pengisian bahan bakar di udara

id Latihan bersama, TNI AU, Angkatan Udara Singapura, pengisian bahan bakar

TNI AU dan RSAF Singapura latihan bersama pengisian bahan bakar di udara

Latihan Pesawat F-16 TNI AUbdan RSAF latihan bersama pengisian bahan bakar di udara dan penyergapan. (ANTARA/HO-Lanud Rsn)

Pekanbaru, (ANTARA) - TNI Angkatan Udara mengadakan latihan bersama dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF) untuk mengasah kemampuan para penerbang tempur F -16 diantaranya melaksanakan "Air to Air Refuelling" atau pengisian bahan bakar di udara dan kemampuan taktikal lainnya.

"Latihan ini sebagai wadah bagi penerbang TNI AU, khususnya penerbang F -16 untuk mengasah dan meningkatkan profesionalisme, yang salah satunya dalam melaksanakan latihan 'Air to Air Refuelling' serta latihan taktikal lainnya," kata Komandan Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar selaku Direktur Latihan, di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan Markas Besar AU telah menugaskan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Provinsi Riau sebagai penyiap dan pendukung latihan bersama. Latihan dilakukan selama satu pekan, 9-13 September 2024.

Manuver udara atau Air Maneuver Exercise Bilateral Fighter Interaction (AMX BFI) ke-13 tahun 2024 antara TNI AU dengan RSAF ini juga mengambil area latihan di "Joint Training" Area Lanud Rsn.

Dia menjelaskanpelaksanaan "air to air refuelling" diperlukan saling percaya yang tinggi, baik dari pesawat tanker maupun pesawat yang diisi. Hal ini tentu membutuhkan kerja sama yang tinggi antara AU dan RSAF.

Sebagai pelaku AMX BFI 13/24 adalah penerbang Skadron Udara 3, Skadron Udara 14 Wing Udara 3 Lanud Iswajudi dan penerbang Skadron Udara 16 Wing Udara 6 Lanud Rsn.

Dalam hal ini dilaksanakan beberapa program latihan, diantaranya latihan air to air refuellingyangmana pesawat F -16 TNI AU akan melaksanakan pengisian bahan bakar di udara dengan pesawat A-330 multi role tangker transport, RSAF, kemudian ada juga latihan misi penyergapan dan "basic fighter maneuver".