Tips merawat kulit yang perlu dilakukan selama musim hujan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, perawatan kulit

Tips merawat kulit yang perlu dilakukan selama musim hujan

Ilustrasi -- Perawatan kulit wajah perempuan. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Jakarta (ANTARA) - Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit mudah terkontaminasi kotoran dan kuman serta terpengaruh perubahan kondisi lingkungan akibat perubahan musim.

Upaya perawatan rutin perlu dilakukan agar kulit bisa tetap sehat dan cerah pada musim kemarau maupun musim penghujan.

"Tentunya kita semua mengharapkan kulit wajah yang tetap tampil cerah serta sehat saat memasuki musim penghujan ini, tetapi yang perlu kita perhatikan bersama adalah bagaimana kita menjaga pola perawatan wajah dengan benar," kata Humas Aqua+ Series Gilang Sucahyo sebagaimana dikutip dalam keterangan pers perusahaan di Jakarta, Jumat.

Jenama produk perawatan wajah Aqua+ Series merekomendasikan langkah-langkah perawatan berikut untuk menjaga kulit tetap sehat selama musim penghujan.

1. Gunakan pembersih wajah yang lembut

Kalau musim panas bisa menimbulkan keringat dan minyak berlebih, musim hujan yang lembap dapat membuat kulit rentan terkontaminasi kotoran dan bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya memilih pembersih wajah yang lembut tetapi efektif mengangkat minyak dan kotoran tanpa membuat kulit kering selama musim hujan.

2. Eksfoliasi kulit secara teratur

Eksfoliasi perlu dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, terutama ketika cuaca lembap. Baiknya eksfoliasi dilakukan satu sampai dua kali seminggu agar kulit tetap segar. Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menyebabkan iritasi kulit.

3. Gunakan pelembap yang sesuai

Pelembap bertekstur ringan dan berbahan dasar air atau jel bisa jadi pilihan untuk menghindari rasa lengket pada musim panas. Karena udara cenderung lebih lembap pada musim hujan, sebaiknya memilih pelembap yang selain ringan juga mampu mengunci kelembapan dengan baik.

4. Gunakan tabir surya

Meskipun matahari mungkin tertutup awan selama musim hujan, sinar UV masih dapat menembus awan. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 pada musim panas maupun hujan untuk menghindari dampak buruk paparan sinar UV pada kulit.

5. Kendalikan minyak

Kondisi lembap pada musim hujan juga dapat memicu produksi minyak berlebih. Penggunaan toner bebas alkohol dapat membantu mengatasi minyak berlebih tanpa mengeringkan kulit. Kertas minyak juga dapat digunakan untuk mengatasi kilap minyak di wajah saat beraktivitas jika perlu.

6. Terapkan pola makan sehat

Pola makan sehat harus diterapkan selama musim panas maupun musim hujan agar kulit tetap sehat. Selain itu, pastikan kebutuhan cairan terpenuhi untuk menjaga hidrasi kulit dari dalam. Mengonsumsi buah-buahan kaya air seperti semangka dan mentimun baik untuk menjaga kelembapan kulit.

7. Perhatikan kebersihan tangan

Musim hujan sering kali mendatangkan banyak kuman. Selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah dan menghindari memegang wajah terlalu sering dapat mencegah bakteri menempel dan menyebabkan jerawat pada kulit wajah.

Baca juga: Sejumlah hal yang perlu diketahui soal metode perawatan kulit Sandwich Retinol

Baca juga: Empat produk perawatan kulit atau skincare yang dibutuhkan penderita rosacea