Kemenag Riau seleksi peserta kompetisi sains di Maluku Utara

id Kemenag Riau,kompetisi sains,seleksi peserta kompetisi sains

Kemenag Riau seleksi peserta kompetisi sains di Maluku Utara

Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Riau Muliardi saat menyaksikan seleksi KSM Tingkat Provinsi Riau, di Pekanbaru, Kamis (1/8/2024). ANTARA/HO-Humas Kemenag Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menyeleksi peserta Madrasah dan SLTA untuk dipersiapkan mengikuti kompetisi sains madrasah (KSM) Nasional 2024 di Ternate, Maluku Utara.

"Kemenag Riau mulai hari ini menjaring 442 orang mengikuti seleksi KSM tingkat Provinsi Riau dan siswa terbaik akan menjadi perwakilan Riau untuk bertarung di Ternate dalam lomba tersebut," kata Pelaksana Tugas Kanwil Kemenag Riau Muliardi di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan pelaksanaan perlombaan KSM digelar pada dua lokasi lomba yakni di sekolah MAN 2 Pekanbaru dan MTsN 1 Pekanbaru.

Muliardi mengapresiasi pelaksanaan kompetisi tingkat Provinsi Riau yang berjalan dengan lancar dan sportif sehingga selesai tepat waktu.

"Sebanyak 442 orang yang mengikuti seleksi tersebut berasal dari tingkat MI kategori individu sebanyak 52 orang dan 27 grup atau regu, MTs individu sebanyak 90 siswa dan 23 grup dan Madrasah Aliyah (MA) 126 siswa dan 18 grup," katanya.

Mukhtar mengatakan untuk pelaksanaan KSM tahun 2024 mengalami perubahan sistem dan cabang yang diperlombakan. Sebelumnya cabang yang diperlombakan adalah cabang individu dengan 11 mata pelajaran.

Akan tetapi pada tahun 2024, katanya cabang lomba ditambah dengan cabang beregu sosial sains terpadu.

"KSM Provinsi Riau akan mengambil satu orang terbaik individu maupun kelompok, serta 10 orang siswa terbaik, kategori individu dan kelompok yang akan menjadi utusan pada KSM tingkat Nasional," katanya.