ASDP siap operasikan 23 kapal 24 jam dukung kesuksesan ARRC Mandalika

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara, Mandalika

ASDP siap operasikan 23 kapal 24 jam dukung kesuksesan ARRC Mandalika

Foto udara - Dua kapal feri bersandar di pelabuhan. (ANTARA/HO-Humas ASDP)

Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan sebanyak 23 kapal siap dioperasikan dalam waktu 24 jam untuk lintas Pelabuhan Lembar dan Padangbai guna mendukung kesuksesan Asian Road Racing Championship (ARRC) yang diselenggarakan di Mandalika 26-28 Juli 2024.

General Manager ASDP Cabang Lembar Agus Djoko dalam keterangan di Jakarta, Jumat mengatakan bahwa 23 kapal tersebut disiapkan jika terjadi kepadatan dan penumpukan penumpang di lintas penyeberangan tersebut.

"Jika kondisi sangat padat, maka akan menggunakan skenario pengoperasian seluruh kapal yang standby operasi sebanyak 23 unit kapal sesuai pengaturan BPTD, dengan total 23 trip pp (pergi-pulang) yang akan mengangkut seluruh penumpang dan kendaraan," kata Agus.

Namun, jika hanya mengalami lonjakan yang tidak menimbulkan kepadatan maka ASDP menyiapkan skenario yang sesuai dengan kewenangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), jumlah kapal yang beroperasi akan ditingkatkan menjadi 18 unit per jam, dengan total 18 trip.

Meski begitu, dia menyampaikan bahwa untuk kondisi normal, lintasan Lembar-Padangbai dilayani oleh 13 kapal per 24 jam dengan 13 trip pp (pergi-pulang) per hari.

Agus mengatakan bahwa pihaknya juga aktif berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) setempat dan pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung kelancaran layanan angkutan penyeberangan dalam ajang tersebut.

Selain memastikan operasional pelabuhan, ASDP juga menghadirkan layanan customer service (CS) di Pelabuhan Lembar dalam rangka meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa.

Layanan ini bertujuan untuk merespons keluhan pelanggan terkait layanan di area pelabuhan dan kapal secara langsung.

“Dengan menyediakan layanan customer service ini, kami berharap keluhan atau masukan penumpang yang berkaitan dengan layanan pelabuhan maupun penyeberangan dapat disampaikan secara langsung, sehingga mampu diselesaikan lebih cepat,” tutur Agus.

Sebagai langkah awal, lanjut Agus, CS Pelabuhan Lembar akan melayani penumpang hingga pukul 22.00 WITA. Ke depan, layanan CS akan dibuka selama 24 jam penuh dengan petugas jaga secara bergantian.

Sementara itu, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan pihaknya berkomitmen dalam menjamin kelancaran transportasi dan kenyamanan pengguna jasa sebagai wujud komitmen ASDP untuk memastikan kepentingan umum terlayani dengan baik utamanya selama ajang ARRC 2024 di Mandalika berlangsung.

"Di lintasan Lembar-Padangbai terdapat 23 unit kapal yang siap beroperasi sesuai dengan penjadwalan oleh BPTD. Adapun armada milik ASDP yang beroperasi di lintas ini adalah KMP Rodhita dan KMP Portlink II," kata Shelvy.

Dia menuturkan bahwa ASDP telah mempersiapkan aspek operasional dan pelayanan di pelabuhan. ASDP berkoordinasi aktif baik dengan BPTD selaku regulator dalam penentuan jadwal kapal, dan juga dengan pihak kepolisian terkait dengan pengaturan lalu lintas jalur dari dan ke pelabuhan.

"Demi menjaga kelancaran, keamanan dan ketertiban selama perhelatan ARRC 2024 berlangsung," ujar Shelvy.

Ia mengungkapkan, dengan persiapan yang telah dilakukan sejak menjelang perhelatan ARRC.

ASDP memperkirakan peningkatan trafik sebesar 10 persen bila dibandingkan kondisi normal.

Menurutnya, hal itu dipicu antusiasme masyarakat untuk menyaksikan ajang ARRC 2024, sehingga mendorong pergerakan masyarakat dari dan ke Mandalika, termasuk mobilisasi pengangkutan logistik alat dan material untuk mendukung kegiatan tersebut.

Shelvy menambahkan bahwa seluruh pengguna jasa diharapkan untuk memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan dan memastikan bahwa data diri yang dimasukkan ke dalam aplikasi telah sesuai dengan data identitas diri yang berlaku.

"Akselerasi digitalisasi pembelian tiket feri di Pelabuhan Lembar telah dilaksanakan sejak Agustus 2023 dengan menggunakan domain berbasis website trip.ferizy.com," jelas Shelvy.

ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang dan mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Road Racing Championship 2024 di Mandalika, Lombok-Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika dicat ulang jelang MotoGP 2024

Baca juga: Pemerintah apresiasi kerja PLN layani listrik MotoGP Mandalika 2023