Kemenag Riau sebut haji Riau semua pulang selamat

id Kemenag Riau,Haji riau

Kemenag Riau sebut haji Riau semua pulang selamat

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Syahrul Mauludi bersama Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Haryati saat menyambut kedatangan 206 Haji Kota Pekanbaru, Kloter BTH-09, di Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Selasa (2/7/2024).  (ANTARA/HO-Kemenag Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Jumlah jamaah haji Provinsi Riau yang berangkat pada musim haji 1445 H/ 2024 M adalah sebanyak 5.335 orang tercatat 5.334 orang pulang dengan selamat dan satu orang lain masih dirawat Arab Saudi karena sakit atas nama Daeng Mangiri Jamaah Haji asal Kabupaten Indragiri Hilir.

"Alhamdulillah 5.334 haji Riau pulang dengan selamat, semoga haji Daeng Mangiri bisa kembali ke Riau pada 22 Juli 2024 dalam keadaan sehat saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci berakhir sesuai jadwal pemerintah, mari kita doakan," kata Pelaksana tugas Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi, di Pekanbaru, Jumat kemarin (19/7).

Muliardi meyakini penyelenggaraan ibadah haji Riau tahun 2024 sukses bersamaan dengan pelayanan makin ekspansif, seperti fast track di embarkasi, murur, dan prioritas layanan kepada jamaah lansia.

Sebab Kementerian Agama terus melakukan perbaikan layanan agar jamaah haji Indonesia lansia dan semua terlayani dengan baik sebelum dan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci, mulai dari manasik ibadah haji, layanan kesehatan, transportasi, akomodasi, konsumsi dan pelindungan. .

Ia menyebutkan, dari 5.335 orang itu dari kuota awal 5.047 dan kuota tambahan termasuk 103 orang petugas haji yang terdiri dari PPIH, TPIHI, PHD, NK dan TKHI. Jemaah lansia sebanyak 983 orang atau 18,4 persen merupakan lansia dan mendapatkan pelayanan khusus dari petugas, sedangkan haji yang meninggal juga mengalami penurunan.

Ia menyebutkan jumlah haji Riau yang wafat tahun 2024 sebanyak 8 orang atau turun sebanyak 12 orang dibanding tahun 2023 mencapai 20 orang.

"Terimakasih kepada semua pihak, pemangku kepentingan yang terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji, kawan- kawan media yang terus mempublikasikan penyelenggaraan haji mulai dari persiapan hingga kepulangan ke tanah air dan juga pihak- pihak yang terus mendoakan agar pelaksanaan haji semakin hari semakin baik. Semoga ke depan, Kementerian Agama akan terus berbenah, berinovasi untuk layanan yang lebih baik lagi," katanya.

Haji Riau yang wafat di Arab Saudi adalah Sunarti Binti Djoyokemis asal Kabupaten Siak, Sibus Bin Kanenduasin asal Kabupaten Kampar, Zaini Idris Bin Shalihin asal Kabupaten Indragiri Hilir, Supriyadi Achmad Suchemi asal Kabupaten Indragiri Hulu, Arsyad Pawellang Maketti asal Kabupaten Indragiri Hilir, Halimah Juri Abdul Latif asal Kabupaten Bengkalis, Uminem Sumo Taruno asal Rokan Hilir, Awaluddin Pandjaitan bin Abdullah Pandjaitan asal dari Rokan Hilir.