Perempuan Vietnam Bakar Diri Dalam Protes Anti-Tiongkok

id perempuan vietnam, bakar diri, dalam protes anti-tiongkok

Perempuan Vietnam Bakar Diri Dalam Protes Anti-Tiongkok

Hanoi, (Antarariau.com) - Seorang perempuan Vietnam bunuh diri dengan membakar badannya dalam menentang penempatan anjungan minyak Tiongkok di perairan sengketa, yang memantik kemarahan di Vietnam, kata laporan media pemerintah, Jumat.

Le Thi Tuyet Mai (67 tahun) menyiram badannya dengan bensin dan membakar diri di depan tonggak Istana Penyatuan di kota Ho Chi Minh, kata harian "Thanh Nien" mengutip keterangan pejabat setempat.

"Api berhasil dipadamkan oleh petugas keamanan disana setelah tiga menit, namun wanita itu tewas," kata pejabat tersebut, Le Truong Hai Hieu.

Menurut laporan tersebut, pihak berwenang menemukan sekaleng bensin di lokasi kejadian dan sebuah catatan dimana Mai mengekspresikan kemarahan atas penempatan anjungan minyak Tiongkok dan meminta agar anjungan itu disingkirkan.

Hieu mengatakan Mai membakar diri karena masalah pribadi "dan kemarahannya atas penempatan anjungan Tiongkok yang melanggar kedaulatan Vietnam".

Sebuah klip video kejadian tersebut beredar di YouTube.

Anak lelaki perempuan itu mengatakan "ia tampak sangat sedih, terus menerus mengikuti berita di TV" mengenai sengketa Vietnam-Tiongkok itu.

Tiongkok pada awal Mei mengirimkan anjungan minyak laut dalam sehingga memicu ketegangan di perairan itu antara kapal-kapal Tiongkok dan Vietnam.

Kedua negara saling bersitegang mengenai kedaulatan di kawasan itu, dan konfrontasi tersebut memicu kerusuhan anti-Tiongkok di Vietnam pekan lalu.

Tiongkok --yang sudah mengevakusai ribuan warganya dari Vietnam setelah kerusuhan-- mengatakan empat warga Tiongkok tewas dalam insiden tersebut. Sementara Vietnam mengatakan jumlag warga Tiongkok yang tewas tiga orang.

Tiongkok mengklaim hampir semua bagian Laut China Selatan, dan negara-negara tetangganya di Asia Tenggara menyerukan kekhawatiran terkait semakin agresifnya aksi Tiongkok untuk menegaskan klaimnya atas perairan yang diduga mengandung cadangan minyak dan gas melimpah.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung mengatakan pada Rabu, penempatan anjungan minyak oleh Tiongkok itu merupakan ancaman serius bagi perdamaian.