Pencari Suaka Sri Lanka Bakar Diri Di Australia

id pencari suaka sri lanka bakar diri di australia

Pencari Suaka Sri Lanka Bakar Diri Di Australia

Sydney, (Antarariau.com) - Seorang pencari suaka asal Sri Lanka tewas setelah membakar diri saat menunggu keputusan visanya di Australia, kata Menteri Imigrasi Scott Morrison, Senin.

Leorsin Seemanpillai (29), yang mendapat visa tinggal sementara setahun lalu dan tinggal di Geelong di luar Melbourne, membakar diri sehingga 90 persen tubuhnya mengalami luka bakar pada Sabtu pagi (31/5).

Dia meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Melbourne pada Minggu (1/6). "Orang ini tewas akibat luka sangat serius akibat tindakannya sendiri," kata Morrison.

"Saya rasa kami tidak dalam posisi apapun, dan jujur, saya rasa tidak ada orang lain yang berada dalam posisi apapun, untuk membuat kesimpulan atas apa yang ada dalam pikiran seseorang dalam situasi tersebut."

Aran Mylvaganam dari Dewan Pengungsi Tamil yang mendampingi Seemanpillai saat dirawat di rumah sakit dan telah mengenal korban selama setahun mengatakan bahwa korban "hidup dalam ketakutan luar biasa" akan dikembalikan ke Sri Lanka karena yakin bahwa di sana nyawanya dalam bahaya.

"Saya melakukan beberapa percakapan dan ia berulangkali mengungkapkan kekhawatiran akan dideportasi ke Sri Lanka," kata Mylvaganam kepada AFP.

Ia menambahkan bahwa kekhawatiran Seemanpillai muncul setelah ia melihat teman-temannya diambil dari komunitas di rumah detensi untuk dideportasi.

"Petugas-petugas imigrasi dalam banyak kesempatan melecehkannya dan mereka menginginkan dia meninggalkan tempat ini secara sukarela," katanya seperti dilansir kantor berita AFP.

"Tidak diragukan lagi bahwa kebijakan pemerintah Australia yang kejam dan tidak berperikemanusiaan telah mendorongnya untuk melakukan hal itu. Ini bukan pilihan dia."

Morrison mengatakan Seemanpillai "tidak diberi petunjuk apapun bahwa ia akan dipindahkan atau bahwa ia tidak diakui sebagai pengungsi atau apapun yang ia tahu."

Seemanpillai, yang masuk ke Australia dengan kapal pada Januari 2013, mendapat rawatan kesehatan mental dan permintaan status pengungsinya masih dalam proses, imbuh Morrison.

"Saya juga bisa katakan bahwa kontak terakhir dengan Seemanpillai adalah pada Jumat (30/5) dan saya nyatakan tidak ada kekhawatiran atau indikasi keinginan bunuh diri ... pada saat itu," katanya.

Ia menambahkan pihak berwenang telah menghubungi ayah korban di India, yang meminta agar anak lelakinya itu bisa dikuburkan di Geelong.

Meski banyak manusia perahu yang tiba ke Australia melalui Indonesia, sebagian mencoba rute yang sulit dari Sri Lanka, negara dimana mereka mengaku dianiaya atas konflik separatis Tamil.

Australia memulangkan puluhan warga Sri Lanka yang mencoba masuk ke negara tersebut secara ilegal.

Kematian Seemanpillai terjadi setelah para pegiat mengatakan tujuh pencari suaka warga Iran menjahit mulut mereka pada Minggu dalam aksi mogok makan di sebuah rumah detensi di Pulau Christmas di Lautan Hindia.

Para pegiat mengatakan sekitar 400 pencari suaka menolak makan sebagai bagian dalam protes menentang kematian warga Iran Reza Barati yang tewas dalam kerusuhan tahun ini di rumah tahanan Australia di Pulau Manus, Papua Nugini.

Morrison mengatakan protes-protes itu bukan hal luar biasa di rumah detensi dan masalah tersebut sudah ditangani.

Berdasar kebijakan ketat Australia mengenai pengungsi, pencari suaka yang tiba dengan kapal setelah Juli 2013 dikirim ke rumah tahanan di Pulau Manus atau Nauru di Pasifik untuk diproses dan penempatan permanen.

Menurut data departemen imigrasi, lebih dari 24 ribu pencari suaka tinggal di Australia dengan visa sementara sama seperti yang digunakan oleh Seemanpillai.

Sebanyak 2.450 pencari suaka lain ditahan di Pulau Nauru dan Manus dan 823 lainnya ditahan di Pulau Christmas.