BMW umumkan akan lanjutkan mesin bensin sebagai "jaring pengaman"

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, otomotif

BMW umumkan akan lanjutkan mesin bensin sebagai "jaring pengaman"

BMW (ANTARA/Chairul Rohman)

Jakarta (ANTARA) - Tidak seperti produsen otomotif kebanyakan yang telah mengumumkan tenggat waktu eletrifikasi total perusahaan, Wakil presiden senior BMW, Bernd Korber, mengatakan BMW akan terus menawarkan berbagai mesin pembakaran internal (ICE) bensin dan diesel, termasuk model hibrida di samping kendaraan listrik bertenaga baterai (EV).

"Untuk masa mendatang, kami menggunakan pendekatan teknologi yang fleksibel, itulah sebabnya kami berencana untuk membangun semua drivetrain di satu lini produksi," kata Korber, dilansir Drive, Jumat (21/6).

Komentar tersebut muncul saat BMW X3 SUV 2025 diumumkan dengan mesin turbo-diesel dan hibrida plug-in (PHEV) untuk pasar Eropa, dan dua mesin bensin untuk Australia yang akan hadir awal tahun depan.

Korber mengkonfirmasi bahwa tahun 2025 juga akan melihat produksi arsitektur listrik khusus BMW 'Neue Klasse' - yang menopang versi listrik dari X3, iX3, serta Seri 3 listrik. Namun ini tidak akan menjadi akhir dari platform yang sudah ada.

Sebaliknya, platform ICE yang ada saat ini akan dikembangkan lebih lanjut dan mesinnya ditingkatkan untuk mengatasi undang-undang emisi yang semakin meningkat dan menyediakan apa yang digambarkan oleh BMW sebagai “jaring pengaman” yang strategis.

"Jika pasar bergeser ke satu arah, kami tidak perlu menutup pabrik atau mengurangi shift, kami hanya beralih ke mesin penggerak lain," kata Korber.

BMW sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan terus menawarkan tenaga bensin pada model M3 dan M4 berperforma tinggi di samping versi listrik yang diproduksi oleh 'Divisi M' yang bergerak di bidang olahraga.

Keengganan BMW untuk menarik garis tegas mungkin pragmatis, tetapi berbeda dengan tren saingannya seperti Volvo, yang hanya akan menawarkan mobil baterai-listrik secara global mulai tahun 2030.

Pesaingnya dari Jerman, Audi, tetap berkomitmen untuk menawarkan setidaknya satu model listrik di semua 'segmen inti' pada tahun 2027 sebelum merencanakan penghapusan kendaraan bertenaga ICE pada tahun 2033.

Namun pendekatan BMW mengikuti perubahan strategi elektrifikasi baru-baru ini dari beberapa produsen mobil di seluruh dunia.

Pada Februari 2024, Mercedes-Benz mundur dari target tahun 2021 untuk hanya menjual kendaraan baterai-listrik "jika kondisi pasar memungkinkan" pada tahun 2030.

Mercedes-Benz menyatakan bahwa mereka akan mengabaikan target tersebut - menunjukkan bahwa target tersebut dapat dicapai pada akhir dekade berikutnya - dan sebagai gantinya terus menawarkan model bensin dan diesel hingga tahun 2030-an berdasarkan permintaan pelanggan.

Baca juga: Nissan resmi hadirkan berbagai sentuhan baru untuk mobil Note Aura

Baca juga: General Motors dikabarkan berminat membuat hypercar Cadillac