33 pereli bersaing di Kejuaraan Nasional Rally Sumatera Utara 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Rally,otomotif

33 pereli bersaing di Kejuaraan Nasional Rally Sumatera Utara  2024

Salah satu pembalap saat menguji lintasan Kejurnas Rally Sumatera Utara 2024 di kawasan Rambung Siqlang, Sumatera Utara (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Sebanyak 33 pereli dipastikan ikut dan bersaing untuk menjadi yang terbaik pada Kejuaraan Nasional Rally Sumatera Utara 2024 putaran I yang berlangsung di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara atau tepatnya di perkebunan Rambung Sialang Estate milik PT PP London Sumatera Indonesia ( Lonsum) 8-9 Juni 2024.

"Kejurnas kali ini dipastikan diikuti 33 pereli dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka bersaing untuk menjadi yang terbaik di putaran I ini," kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara, Harun Mustafa Nasution di Sergai, Jumat.

Ke-33 pereli tersebut nantinya akan menjajal lintasan perkebunan kelapa sawit Rambung Sialang yang dilengkapi dengan 10 Special Stage (SS) dengan total jarak tempuh sepanjang 171,86 kilometer.

"Spesial Stage terpanjang 22,38 km dan terpendek 13,37 km dengan semua permukaan SS itu tanah," katanya.

Kawasan yang berada di areal perkebunan sawit ini juga pada tahun 1996-1997 menjadi salah satu lintasan World Rally Championship (WRC). Rambung Sialang terakhir kali menjadi tuan rumah ketika Asia Pacific Rally Championship (APRC) digelar di Sumatera Utara pada Juli 2019 lalu.

Sumatera Utara di tahun 2024 ini didaulat dua kali sebagai tuan rumah reli panjang, yakni Kejuaraan Nasional Rally Putaran 1 dan 2 serta APRC Asia Cup putaran keempat yang bakal digelar pada 2-4 Agustus.

"Kejurnas putaran kedua nanti akan digelar bersamaan dengan Asia Pacific Rally Championship (APRC) putaran ke empat," katanya.

Pada Kamis (6/6) sebanyak 22 dari 33 peserta kejurnas mengikuti sesi Shakedown dengan jarak tempuh 3,75 km yang diawali dengan pemeriksaan kendaraan secara lengkap atau scrutineering, pemberian tanda segel dan marking.

"Tak ada kendala selama pengecekan kendaraan berlangsung, tapi hanya 22 peserta yang mengikuti sesi shakedown, selebihnya ada masalah teknis dan kesiapan saja," katanya.

Pada sesi shakedown itu, pembalap tuan rumah Musa Rajekshah dengan co-driver Meidi Budhiparama berhasil jadi yang tercepat dengan waktu 2:43:5 disusul pembalap H Rahmat bersama co-drivernya Hade Mboi dengan waktu 2:44:0 dan Ryan Nirawan dengan co-drivernya Adi Indiarto dengan waktu 2:44:5.

"Secara teknis keseluruhan shakedown berjalan lancar dan tepat waktu," katanya.

Baca juga: Fadillah Arbi Aditama turun sebagai wildcard di Moto3 Catalunya, Spanyol

Baca juga: Kalah dari Bagnaia, Jorge Martin akui lemah di lima lap terakhir