Jelang Pilkada 2024, 27 anggota Panwascam existing di Meranti dilantik

id Bawaslu Meranti ,Panwascam di Meranti dilantik ,Ketua Bawaslu Syamsurizal

Jelang Pilkada 2024, 27 anggota Panwascam existing di Meranti dilantik

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal melantik 27 anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, di Ballroom Grand Meranti Hotel, Selatpanjang, Sabtu (25/5/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Sebanyak 27 anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) existing di Kabupaten Kepulauan Meranti dilantik secara resmi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Pelantikan yang dilaksanakan Sabtu diSelatpanjang itu dipimpin Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Meranti, Syamsurizal. Disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Riau, Alnofrizal.

Syamsurizal mengatakan, panwascam yang dilantik merupakan existing pengawas Pemilu tahun 2024 kemarin. Mereka layak kembali menjadi pengawas pemilihan setelah dievaluasi berdasarkan surat dan petunjuk dari Bawaslu RI.

"Alhamdulillah mereka yang dilantik masih memenuhi syarat secara administrasi maupun kinerja. Ini juga menjadi evaluasi yang berkaitan dengan kinerja Panwascam Pemilu 2024 kemarin. Jadi yang belum baik agar ditingkatkan lagi menjadi lebih baik," kata Syamsurizal usai mengambil sumpah anggota panwascam.

Syamsurizal mengingatkan bahwa kerja-kerja pengawasan ini tidak selalu mudah. Tentu banyak tantangan dan hambatan yang mungkin akan terjadi saat proses pengawasan tahapan-tahapan pemilihan.

Baik tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan bupati dan wakil bupati yang sedang berjalan pada saat ini, sampai dengan hari pencoblosan pada 27 November 2024 mendatang.

"Kami berpesan kepada kawan-kawan agar menjaga integritas dan independensi. Tunjukkan loyalitas terhadap pekerjaan dan lembaga ini. Sebab pemilihan yang jujur, adil dan damai tentunya sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Meranti," ujar Syamsurizal.

Anggota panwascam tersebut nantinya, lanjut Syamsurizal, akan menjalankan tugas hingga dengan selesai pada tahun 2025 mendatang, sesuai tahapan yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI.

"Mudah-mudahan kalau tidak ada putusan dari Mahkamah Konstitusi pada saat proses pemilihan bupati dan wakil bupati, Insya Allah nanti di bulan Februari kawan-kawan panwascam sudah menyelesaikan tugasnya," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) Asmar berharap panwascam yang telah dilantik dapat melakukan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab sesuai peraturan perundang-undangan.

"Panwascam yang benar-benar mengawasi adalah yang menjaga amanah. Maka bekerjalah sesuai aturan yang berlaku, profesional, integritas dan menjaga netralitas sebagai pengawas pemilu. Lakukan tugas sebaik mungkin, karena keberhasilan kalian turut menentukan masa depan bangsa dan bernegara," tegas Asmar.

Dapat disampaikan pula, pelantikan panwascam tersebut juga dihadiri oleh Ketua KPU Kepulauan Meranti Katmuji, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setiawan, Danposal Selatpanjang Kapten Laut (E) Saidul Aripin, Kepala Kesbangpol, camat dan tamu undangan lainnya.

Disela kegiatan, Bawaslu Meranti juga melakukan penyerahan berupa santunan kecelakaan kerja pengawas pemilu sebesar Rp8.250.000. Santunan diberikan kepada Harry Kurnia Putra yang merupakan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu 2024 TPS 02 Desa Penyagun, Kecamatan Rangsang.