Serahkan ambulans dan pusling ke puskesmas, Asmar tegaskan dijaga dengan baik

id Bantuan ambulans Meranti ,Plt Bupati Meranti ,Dinas Kesehatan Meranti

Serahkan ambulans dan pusling ke puskesmas, Asmar tegaskan dijaga dengan baik

Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP Purn Asmar didampingi Sekda Bambang, Kepala Dinas Kesehatan dan pejabat lainnya melihat kondisi ambulans dan mobil puskemas keliling (pusling) untuk diserahkan kepada sejumlah Puskesmas, Senin (13/5/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) Asmar menyerahkan delapan unit kendaraan operasional berupa ambulans dan mobil puskemas keliling (pusling) kepada sejumlah Puskemas.

Penyerahan dilakukan Asmar di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin, dan diterima secara langsung oleh masing-masing kepala Puskesmas.

"Saya minta gunakan mobil ini sebaik mungkin. Dimanfaatkan betul untuk masyarakat yang membutuhkan dan rawatlah seperti kendaraan sendiri," kata Asmar didampingi Sekda Bambang Suprianto dan beberapa pejabat lainnya.

Adapun delapan kendaraan itu terdiri dari dua mobil ambulans untuk Puskesmas Selatpanjang dan Puskesmas Tanjung Samak. Kemudian enam mobil pusling diberikan untuk Puskesmas Alahair, Alai, Teluk Belitung, Bandul, Anak Setatah dan Kedabu Rapat.

Asmar juga mengingatkan kepada masing-masing Puskesmas untuk melakukan pemeliharaan rutin terhadap mobil tersebut. Jika seandainya tidak mampu, agar dikembalikan saja ke pemerintah daerah.

"Tidak ada alasan tidak ada minyak, tidak bisa mengganti oli. Kalau kotor dibersihkan, jika tidak sanggup memelihara di kembalikan saja ke pemda, sehingga bisa betul-betul difungsikan untuk melayani masyarakat," ucap Asmar.

Dalam kesempatan ini, Asmar juga menyampaikan soal tertundanya pembayaran tunjangan pegawai. Kendala ini terjadi karena anggaran belum tersedia dan masih menunggu transfer Dana Bagi Hasil (DBH) Pemkab Kepulauan Meranti dari pusat.

"Saya memahami kondisi belakangan ini, terkait tunjangan pegawai kita masih menunggu transfer DBH. Tidak ada yang kita tahan, segera akan kita bayarkan jika anggarannya sudah tersedia," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan Asmar, situasi tersebut dikarenakan terdapat beberapa kendala teknis dalam penyaluran DBH. Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh ASN untuk lebih bersabar.

"Kita terus berupaya, mari sama-sama kita bersabar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera bisa dibayarkan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri menyebutkan bantuan mobil pusling dan ambulans bersumber dari bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan tahun 2024.

"Totalnya 8 mobil yang diserahkan hari ini bersumber dari Kementerian Kesehatan tahun 2024. Sementara itu masih ada dua mobil lagi yang kita usulkan, yaitu untuk Puskesmas Sungai Tohor dan Pulau Merbau, mudah-mudahan segera kita dapatkan," jelas Fahri.