Bupati Kuansing kumpulkan camat untuk tekan inflasi

id Teluk Kuantan,Kuantan Singingi

Bupati Kuansing kumpulkan camat untuk tekan inflasi

Bupati Suhardiman Amby Pimpin Rapat Untuk Menurunkan Inflasi di Kuansing. (ANTARA/dok)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing)Suhardiman Ambymengumpulkan seluruh camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin, dalam rangka menurunkan inflasi dan mengejar target swasembada pangan di daerahnya.

"Rapat itu digelar dengan harapanKuansing mampu mewujudkan pertanian terpadu (integrityfarming) untuk mendongkrak ekonomi," katanya di Teluk Kuantan.

Kuansing memiliki potensi untuk mengelola pertanian secara optimal. Bahkan, Bupati Suhardiman juga menekankan agar setiap daerah di Kuansing punya produksi unggulan. Oleh karena itu, Kepala OPD terkait diminta untuk memetakan komoditas unggulan.

Bupati Suhardiman juga menginstruksikan staf ahli bersama Kepala Dinas (Kadis), serta Camat untuk selalu berkoordinasi dengan Pj Kepala Desa (Kades) setempat agar tujuan penurunan inflasi dan mengejar target hasil pertanian yang lebih baik terwujud dengan baik sehingga tahun depan dengan orientasi dan program yang sudah direncanakan mampu merealisasikan swasembada pangan.

"Di tahun 2023 lalu, kita bentuk pola pengembangan yang berorientasi pada komoditi, tapi kita tidak melihat proses," ujarnya.

Akhirnya, pada tahun 2024 ini belum mampu tiap daerah tersebut memenuhi suplay pangan ke masyarakat.

Kuansing adalah daerah pertanian yang berpotensi besar untuk mendapat target swasembada pangan.

Selain itu, pentingnya memberdayakan kembali Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di tiap daerah sebab mereka terjun langsung ke petani dan melakukan pengawasan di lapangan.