PSU tujuh TPS di Dumai berjalan lancar, puluhan polisi bersiaga

id PSU Dumai, Kapolres Dumai

PSU tujuh TPS di Dumai berjalan lancar, puluhan polisi bersiaga

Pelaksanaan PSU di Dumai dijaga ketat aparat. (ANTARA/

Dumai (ANTARA) - Pelaksanaan coblosulang atau pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di tujuh tempat pemungutan suara (TPS) di daerah ini, Sabtu terpantau berjalan lancar aman dan damai.

Untuk menjamin pelaksanaan PSU hanya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden berjalan kondusif, Polres Dumai mengerahkan 26 personel pengamanan, terdiri dari polsek dan jajaran dan 2 anggota di setiap TPS.

"Proses pemungutan suara ulang di 7 TPS terpantau berjalan lancar, aman, dan damai dengan dikawal pengamanan personel TNI, Polri dan petugas Linmas," jelas Kapolres Dumai AKBPDhovan Oktavianton.

Tujuh TPS yang diputuskan menggelar PSU adalah, TPS 10 dan 16 Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur. TPS 01 Kelurahan Guntung Kecamatan Medang Kampai.

Kemudian, TPS 06 Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur, TPS 02 Kelurahan Bumi Ayu Kecamatan Dumai Selatan, TPS 21 Kelurahan Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan dan TPS 09 Kelurahan Dumai Kota Kecamatan Dumai Kota.

Pencoblosan ulang di Dumai turut dipantau oleh Direktur Intelkam Polda Riau Kombes Pol Efrizal, Dir Lantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat dan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Riau Kompol Ari Prayitno di TPS 010 dan TPS 016 Kelurahan Bukit Nenas Kecamatan Bukit Kapur.

Dir Intelkam Polda Riau Kombes Pol Efrizal berpesan kepada petugas pengamanan TPS untuk melaksanakan tugas dengan baik serta tulus ikhlas, dan berkoordinasi dengan petugas lain di lapangan serta memastikan kegiatan berjalan aman dan lancar.

Kombes Efrizal menegaskan untuk mengamankan dan mengawal seluruh logistik Pemilu di TPS hingga proses pergeseran ke Kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kantor Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

"Kepada seluruh petugas terlibat PSU agar melaksanakan PSU dengan semangat, dan menjalankan tugas dengan teliti sesuai aturan berlaku," demikian Dir Intelkam Polda Riau Kombes Efrizal.

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu Kota Dumai Agustri menyebutkan dilaksanakan PSU di 7 TPS berdasarkan temuan petugas pengawas di lapangan, dan diusulkan ke kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) karena persoalan pemilih tambahan, pindah dan pemilih khusus.

"Alhamdulillah pelaksanaan PSU di 7 TPS Dumai hari ini berjalan dengan aman dan damai. Kita berterima kasih kepada seluruh komponen yang terkait, terkhusus dari aparat penegak hukum yang ikut andil dalam pengamanan," kata Agustri.