KPU Riau gelar Pemungutan Suara Ulang di empat TPS Sabtu dan Minggu

id Psu,Pilkada bengkalis, kpu dumai, pilkada dumai

KPU Riau gelar Pemungutan Suara Ulang di empat TPS Sabtu dan Minggu

Logistik PSU tiba di Kantor PPK Bathin Solapan dan PPK Pinggir KAbupaten Bengakalis, Jumat malam (12/12). (ANTARA/HO-KPU Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat tempat pemungutan suara (TPS) di KabupatenBengkalis dan Kota Dumai karena melanggar Peraturan KPU.

"Hari ini Sabtu (12/12) ada tiga TPS yang lakukan PSU di Bengkalis, sedangkan Minggu (13/12) ada satu TPS di Dumai yang PSU," kata Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto di Pekanbaru, Sabtu.

Nugroho mengatakan, Jumat malam, petugas KPPStelah membagikan pemberitahuan ulang formulir KWK ke pemilih untuk mengikuti pemungutan suara ulang di TPS 3 di Kelurahan Balai Raja, Kecamatan Pinggir, TPS 4 Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan, dan TPS 5 Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan, yang akan diselenggarakan pada Sabtu.

"Sedangkan Kota Dumai akan melaksanakan PSU di TPS 32 Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat pada Minggu 13 Desember 2020," kata Nugroho.

Dikatakan dia, pelaksanaan PSU itu berdasarkan Keputusan KPU Bengkalis No. 401/PL.02.6-Kpt/KPU.Kab/XII/2020 tentang Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tahun 2020 tertanggal 10 Desember 2020.

Salah satu pertimbangan Keputusan KPU Bengkalis adalah adanya rekomendasi Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bengkalis No. 793/K.RI-01.PM.00.02/XII/2020 tanggal 9 Desember 2020.

"Adapun rekomendasi pemungutan dan penghitungan suara ulang dilakukan di TPS 3 Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir, TPS 4 Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan, dan TPS 5 Desa Simpang Padang Kecamatan Bathin Solapan," katanya.

Nugi demikian sapaan awak media bagi Nugroho Notosusanto mengatakan, KPU akan melakukan supervisi langsung terhadap PSU di Bengkalis ini, melalui dua orang komisioner KPU Riau, yakni Joni Suhaidi di Kecamatan Pinggir dan Firdaus di Kecamatan Batin Solapan.

"Alhamdulillah, logistik PSU sudah tiba di Kantor PPK Bathin Solapan dan PPK Pinggir Kabupaten Bengkalis," katanya.

Untuk jumlah DPT jumlah DPT lanjut dia, di Bengkalis pada tiga TPS ada sekitar 1.465 orang baik Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Sedangkan di Dumai pemiih DPT 288, DPPH 1, dan DPTB 0, jadi total pemilihnya adalah 289 jiwa," tukasnya.

Baca juga: Bawaslu Riau apresiasi kinerja KPU walau terdapat 76 TPS bermasalah

Baca juga: Bawaslu Bengkalis rekomendasikan pemilihan ulang di tiga TPS, begini penyebabnya