Orasi di Riau, Prabwo janji bangun pabrik hilirisasi sawit

id Prabowo, kampanye Riau, Pabrik sawit

Orasi di Riau, Prabwo janji bangun pabrik hilirisasi sawit

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat lawatan ke Pekanbaru (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam orasi politiknya berjanji akan membangun pabrik hilirisasi yang mengahasilkan produk turunan kelapa sawit.

"Kita tidak ingin hasil kekayaan alam kita dijual dengan harga murah. Kita akan hilirisasi kekayaan alam kita. Hasil tambang, mineral, kepala sawit. Di Indonesia khususnya Riau yang merupakan penghasil sawit, kita bangun pabrik pengelolaan kelapa sawit," kata Prabowo yang disambut gemuruh belasan ribu pendukungnya di Pekanbaru, Senin.

Selama ini Indonesia, kata dia, hanya mengimpor bahan baku sawit dengan harga murah. Dengan dibangun pabrik hilirisasi ini produk-produk turunan bahan baku kelapa sawit memiliki nilai jual yang lebih tinggi

Baca juga: Di Pekanbaru, Prabowo sebut Anies keliru soal kepemilikan lahan 500 ribu hektare

Program ini diyakininya akan meningkatkan kesejahteraan petani dan menyasar masyarakat secara luas. "Kita harus berpihak kepada rakyat, terutama di lapisan paling lemah, para petani harus kita bantu, kemiskinan harus kita hilangkan dari Indonesia ini," ucap dia.

Selain itu, jika terpilih nanti dia menjanjikan Indonesia memproduksi mobil listrik sendiri karena generasi penerus bangsa dinilai mampu untuk melakukan itu. "Kita akan bikin mobil listrik, semuanya potensi itu ada di depan mata kita, saya yakin kita mampu melakukannya," kata dia.

Untuk itu, dia meminta dukungan dari seluruh masyarakat Riau untuk memenangkan paslon Prabowo-Gibran menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Makanya saya minta dukungan, saya minta Riau menang besar. Jangan dengar orang-orang yang berusaha menghasut, jangan mau diadu domba, Indonesia harus rukun, bekerjasama, berkolaborasi," ucap dia.

Baca juga: Nobar Debat Capres di Pekanbaru, Kaesang prediksi Prabowo menang telak