Kementerian Agama RI salurkan bantuan Rp44,8 miliar untuk Palestina di HAB ke-78

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Palestina

Kementerian Agama RI salurkan bantuan Rp44,8 miliar untuk Palestina di HAB ke-78

Anak-anak lintas agama saat membacakan doa untuk Palestina dalam gelaran Untaian Doa dan Puisi di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Selasa (2/1/2024). (ANTARAFOTO/Aditya Pradana Putra)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama menyalurkan bantuan kemanusiaan sebesar Rp44,8 miliar untuk masyarakat Palestina dalam rangkaian peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 yang digelar di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Selasa malam.

Bantuan ini terdiri atas sumbangan ASN Kemenag seluruh Indonesia senilai Rp41.520.207.987,00 dan sumbangan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag se-Indonesia senilai Rp3.381.888.260,00.

"Bantuan akan disalurkan melalui LazisMu dan LazisNU," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolik pada malam Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina yang digelar di Pusat Perfilman Usmar Ismail.

"Bantuan yang kita sampaikan malam ini merupakan bentuk kepedulian keluarga besar Kementerian Agama, termasuk DWP Kemenag, terhadap kepedihan yang saat ini dirasakan oleh saudara kita di Palestina," kata Menag.

Menag berharap bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi rakyat Palestina. "Kita tentu amat prihatin dengan yang terjadi di Palestina. Sudah lebih dari 80 hari perang terjadi di sana, dan kita mendengar saudara-saudara kita kelaparan di Palestina. Semoga sedikit bantuan ini dapat meringankan rakyat Palestina," kata dia.

Sementara untuk Untaian Doa dan Puisi untuk Palestina ini merupakan pembuka rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kemenag. Kegiatan ini dibuka dengan doa dari anak-anak Indonesia untuk Palestina.

Hadir pula para sastrawan Indonesia membacakan syair-syair untuk Palestina, yaitu KH Mustofa Bisri (Gus Mus), KH Zawawi Imron, Sutardji Calzoum Bachri, Sosiawan Leak, Ine Febriyanti, dan Olivia Zalianty.

Baca juga: Amerika Serikat tolak gagasan pejabat Israel usir warga Palestina dari Gaza

Baca juga: Jumlah warga Palestina tewas di Gaza tembus 21.320 orang