BBPOM di Pekanbaru sukses laksanakan Gebyar UMKM Spektakuler 2023

id Bbpom pekanbaru, gebyar umkm

BBPOM di Pekanbaru sukses laksanakan Gebyar UMKM Spektakuler 2023

Talk show dalam acara Gebyar UMKM yang dihelat BBPOM di Pekanbaru, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - BBPOM di Pekanbaru melaksanakan kegiatan Gebyar UMKM Spektakuler yang dilakukan secara meriah di halaman Kantor Balai Besar POM di Pekanbaru, Selasa (12/12).

Kegiatan tersebut merupakan wujud dukungan dan apresiasi BBPOMterhadap UMKM yang telah berhasil menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) dan sukses mendapatkan Izin Edar dari Badan POM di tahun 2023.

Pada kegiatan tersebut 40 UMKM pangan olahan difasilitasi untuk memperkenalkan dan memasarkan produk pangan olahannya yang telah terbit izin edarnya.

Kegiatan Gebyar UMKM Spektakuler “Sertifikasi Perizinan dan Kolaborasi Pecinta Kuliner” diawali dengan sambutan dan arahan dari Kepala BBPOM di Pekanbaru, Alex Sander, serta dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau, Helmi, mewakili Gubernur Riau.

Dalam pembukaannya,Alex Sander menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada UMKM pangan olahan yang telah berhasil mendapatkan Izin Edar dari Badan POM.

"Dimana dengan izin edar tersebut dapat memberikan jaminan keamanan dan mutu dari produk yang dihasilkan oleh para UMKM di Provinsi Riau", katanya.

Dalam acara itu hadir juga perwakilan dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, DPMPTSP Provinsi Riau, Kadin Provinsi Riau, KPKNL Pekanbaru, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, DPMPTSP Kota Pekanbaru, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru, BSPJI Pekanbaru, UPT Riau Science Techno Park Bappedalitbang Provinsi Riau, KLT BSN Kota Pekanbaru, BPJPH Provinsi Riau, PLUT UMKM Provinsi Riau dan Komunitas UMKM Kabupaten Kampar.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan oleh Kepala BBPOM di Pekanbaru, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau serta para tamu undangan ke 40 stand UMKM pangan olahan yang hadir sebagai peserta.

Antusias peserta terlihat dari semangat mereka dalam memperkenalkan produknya pada kunjungan tersebut.

Sebagai bentuk inovasi, Tim Sertifikasi BBPOM di Pekanbaru juga menyediakan e-katalog Produk UMKM yang dapat di-scan melalui barcode yang telah dibagikan oleh petugas. Petugas juga memberikan layanan konsultasi perizinan yang dapat dimanfaatkan langsung oleh pengunjung yang hadir pada kegiatan tersebut.

Peserta acara Gebyar UMKM yang dihelat BBPOM di Pekanbaru, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/dok)


Talk Show “Dukungan BBPOM di Pekanbaru terhadap UMKM di Provinsi Riau” pada panggung utama dinarasumberi langsung oleh Kepala BBPOM di Pekanbaru serta penyampaian success story dari perwakilan peserta UMKM Zayyan Homemade, yaitu Abdul Syukur.

Abdul Syukur telah berhasil memperoleh 2 (dua) izin edar produknya berkat pendampingan dari Tim Sertifikasi BBPOM di Pekanbaru, berbagai kemudahan dirasakannya langsung pada setiap proses yang dilalui dan yang tidak kalah penting adalah komitmen dari pelaku usaha itu sendiri.

BBPOM di Pekanbaru juga memfasilitasi selebgram Fahira Rahmadani untuk mempromosikan produk para UMKM tersebut melalui media sosialnya.

Gebyar UMKM Spektakuler “Sertifikasi Perizinan dan Kolaborasi Pecinta Kuliner” Tahun 2023 telah sukses terlaksana dengan dukungan dari berbagai pihak. "Sampai jumpa pada Gebyar UMKM selanjutnya," tutup Alex Sander.