Wujudkan pemilu damai, Polres Inhil bersama Forkopimda gelar doa bersama

id Polres Inhil, Pemilu damai, doa bersama

Wujudkan pemilu damai, Polres Inhil bersama Forkopimda gelar doa bersama

Doa bersama Polres Inhil, bersama Forkopimda dalam upaya mewujudkan Pemilu damai, Jum’at malam (15/12). (ANTARA/dok)

Tembilahan (ANTARA) - Polres Indragiri Hilir, Riau bersama Forkopimda menggelar doa bersama sebagai upaya Cooling System jelang pemilu 2024, Jumat malam (15/12).

Kapolres Inhil AKBP Norhayat, mengatakan program coolingsystem dilakukan untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai, bermarwah dan berintegritas.

"Mengingatkan kita bahwa pemilu bukanlah perang politik, melainkan konsolidasi politik. Bahwa Polri sebagai alat negara sebagai pengemban fungsi harkamtibmas sesuai dengan undang-undang kepolisian nomor 2 tahun 2002, maka dari itu kita harus bekerja keras dalam merawat harkamtibmas di wilayah kabupaten Indragiri Hilir supaya terus dalam keadaan aman dan kondusif," ucap Kapolres.

Kapolres mengatakan, selain doa bersama, langkan-langkah yang sudah dilakukan Polres Inhil yakni melakukan kegiatan preemtif dengan binluh serta kegiatan preventif yaitu pencegahan dengan melaksanakan kegiatan patroli.

Dalam siklus lima tahun, Pemilu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk memilih pemimpin dan perwakilan di legislatif. Memaknai tujuan Pemilu merupakan hal yang sangat penting dengan menciptakan ketertiban dan keamanan serta berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi ini.

"Semangat pemilu damai disampaikan dalam berbagai aspek, termasuk pentingnya toleransi, partisipasi aktif, kampanye politik yang fokus pada gagasan dan komitmen pada aturan.

Sementara Pj Bupati Inhil Herman menyatakan pemilihan umum adalah momen yang sangat berarti bagi negara, di mana seluruh rakyat berkesempatan memilih pemimpin yang akan mengemban amanah dalam memerintah, membangun dan memajukan negara.

"Oleh karena itu, perlu kiranya kita semua bersama-sama menjaga dan memelihara suasana yang kondusif, menjunjung tinggi semangat persatuan dan menjalankan proses pemilihan dengan penuh keadilan, transparansi, dan kejujuran," katanya.

Dalam acara doa bersama, ia mengajak bersama memohon kepada tuhan yang maha Esa agar memberikan kebijaksanaan kepada dalam memilih pemimpin yang terbaik untuk Indonesia.

"Mari kita mendoakan agar proses pemilihan nanti berjalan dengan lancar, aman dan damai tanpa adanya konflik atau kekerasan. Doa kita bersama juga hendaknya menguatkan tekad kita untuk menjaga persatuan, menghormati perbedaan dan membangun Indonesia yang lebih baik," ajaknya.