Bhabinkamtibmas Bandar Jaya Bengkalis mediasi persolan warga melalui dialog

id Polsek Siak kecil,Kapolsek Siak kecil,kecamatan Siak kecil,problem sulving,kabupaten Bengkalis

Bhabinkamtibmas Bandar Jaya Bengkalis mediasi persolan warga melalui dialog

Bripka Eko Putra personel Polsek Siak Kecil yang ditugaskan sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Bansar Jaya berhasil melakukan mediasi antara warga yang bertikai melalui problem sulving dan langkah yang diambil agar persoalan tersebut selesai ditingkat desa. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Babinkamtibmas di Desa Bandar Jaya Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Bripka EkoPutra berhasil menyelesaikan masalah yang terjadi di wilayah binaannya melalui mediasi terkait kasus penyerempetan kendaraan bermotor yang berujung terjadinya pertikaian dan pemukulan.

Kapolsek Siak Kecil IPDA Eko Wahyu membenarkan adanya penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan Bhabinkamtibmas.

"Adapun kasus yang dilakukan mediasi dengan cara problem solving khusus kasus kasus ringan saja. Ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga tidak menimbulkan konflik sosial," jelas Kapolsek, Kamis (14/12).

Dikatakan Kapolsek, problem solving ini dilakukan agar setiap ada persoalan hendaknya dapat diselesaikan di tingkat desa dan tidak memperpanjang persoalan tersebut dengan beberapa langkah yang diambil dengan mediasi.

"Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian di kewilayahan , peran dan tugasnya tidak bisa di pandang sebelah mata, mengingat kewajibannya yang selalu hadir di tengah tengah masyarakat dan membantu menyelesaikan memecahkan masalah (problem solving) yang dialami oleh warga binaannya," kata Kapolsek

Adapun langkah langkah yang diambil oleh Bripka Eko Putra dalam menyelesaikan permasalahan warganya ini dengan mengajak perangkat Dusun RT dan RW, serta memanggil kedua belah pihak dan juga pihak keluarga yang bertikai.

"Langkah yang diambil memberikan nasehat dan imbauan tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi, tanpa adanya permusuhan antar masyarakat serta mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban," ujarnya.

Dengan mediasi ini, kedua belah pihak sepakat damai dan masalahnya diselesaikan secara kekeluargaan, dan pihak keluarga kedua belah pihak ikut menyetujui dan berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas.

"Bhabinkamtibmas membuatkan surat pernyataan yang di tanda tangani oleh kedua belah pihak dan saling meminta maaf serta berjanji untuk tidak mengulanginya lagi dan tidak saling dendam atas kejadian yang sudah terjadi," kata Kapolsek.