Pasangan panda raksasa pulang kembali ke China dari Inggris

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Panda

Pasangan panda raksasa pulang kembali ke China dari Inggris

Panda raksasa Tian Tian di Kebun Binatang Edinburgh, Inggris.

Chengdu (ANTARA) - Panda raksasa Yang Guang dan Tian Tian tiba di Provinsi Sichuan, China, pada Selasa (5/12) pagi waktu setempat, setelah menyelesaikan masa tinggal mereka di Inggris

Sepasang panda tersebut mendarat di Bandar udara Internasional Shuangliu Chengdu sekitar pukul 06.50 waktu setempat, sebelum dikirim ke Basis Panda Raksasa Bifengxia di Ya'an untuk menjalani karantina selama sebulan.

Yang Guang dan Tian Tian, yang secara harfiah berarti sinar mentari dan kekasih hati, tiba di Kebun Binatang Edinburgh pada Desember 2011 dengan masa pinjam 10 tahun, yang kemudian diperpanjang untuk dua tahun berikutnya.

Sebagai satu-satunya panda di Inggris, mereka mendapat perhatian yang sangat besar, menarik begitu banyak pengunjung ke kebun binatang tersebut.

Mereka tidak melahirkan satu pun anak selama tinggal di Inggris. Ada beberapa upaya untuk membuat Tian Tian hamil tetapi tidak satu pun yang berhasil.

Sebelum keberangkatan mereka, Kebun Binatang Edinburgh mengadakan sesi pelatihan agar pasangan panda itu bisa melakukan penyesuaian dengan perjalanan yang akan datang. Pihak kebun binatang juga telah menyiapkan bambu segar untuk kedua panda sebagai makanan selama penerbangan.

Menurut Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional China, panda-panda China yang tinggal di 23 institusi di 19 negara asing secara umum berada dalam kondisi kesehatan yang baik, dan kolaborasi internasional dalam hal ini telah membuahkan hasil.

Baca juga: Seekor panda raksasa Qinqin melahirkan lagi bayi kembar di Shaanxi

Baca juga: Panda raksasa Tian Bao tetap tinggal di kebun binatang Belgia pada 2022