Perusahaan asal Korea berinvestasi bangun PLTS di Meranti

id Perusahaan Korea ke Meranti,BUMD Meranti,BUMD PT Bumi Meranti,PLTS di Meranti

Perusahaan asal Korea berinvestasi bangun PLTS di Meranti

Direktur BUMD PT Bumi Meranti Budiman bersalaman dengan CEO Energy Into Mr Seo Dae Won usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Batam, Rabu lalu. (ANTARA/HO-BUMD PT Bumi Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bumi Meranti menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan asal Korea Selatan Energy Intro Co Ltd untuk berinvestasi membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Penandatanganan itu telah dilakukan oleh Direktur BUMD PT Bumi Meranti Budiman dengan CEO Energy Into MrSeo Dae Won, di Batam, Rabu (15/11).

Budiman menyebutkan, dari MoU tersebut disepakati perusahaan akan berinvestasi dan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas 10 MWp dan 20 MWp.

"Waktu itu direncanakan bupati ikut hadir, tapi ada tugas mendadak ke Pekanbaru. Cuma dia berpesan agar pihak Energy Intro mempercepat realisasi," kata Budiman, Jumat.

Oleh karena itu, tambahnya, nantinya akan segera dibentuk tim percepatan untuk mempercepat progres investasi dengan membuat kajian dan studi kelayakan. Termasuk berkoordinasi dengan pihak PLN, dinas terkait di Provinsi Riau, Pemda Meranti dan juga dengan kementerian terkait di Jakarta.

"Dari pihak Energy Intro sendiri mengupayakan pembangunan PLTS ini dilaksanakan Juli 2024 mendatang," sebutnya.

Ia juga mengatakan, penjajakan MoU itu sendiri telah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang telah membantu terlaksananya nota kesepahaman itu.

"Khususnya Profesor Maizirwan, putra asli Riau yang menjadi akademisi di Malaysia. Serta Bapak Ir Rudi dari Dinas ESDM Provinsi Riau," katanya.

Lebih jauh, Budiman menjelaskan MoU itu sebagai upaya memenuhi kebutuhan kelistrikan dalam negeri, khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sehingga tenaga listrik yang dihasilkan lebih murah dan praktis dengan memanfaatkan energi terbarukan lewat listrik tenaga surya.

"Ini sesuai dengan arahan dari Bupati Asmar agar mengejar dan menjalin kerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang ketenagalistrikan baik di dalam maupun di luar negeri," pungkasnya.