Pastikan Pemilu 2024 aman, polisi akan patroli TPS yang rawan

id Pemilu aman,Pemilu 2024

Pastikan Pemilu 2024 aman, polisi akan patroli TPS yang rawan

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang diwawancarai usai simulasi pengamanan Pemilu 2024. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyebutkan akan meletakkan anak buahnya di tempat pemungutan suara (TPS) yang dinilai rawan pada Pemilu 2024 mendatang.

Dikatakannya, walaupun Provinsi Riau bukan daerah dengan tingkat kerawanan pemilu tinggi, pihaknya tak ingin lengah dan menganggap remeh. Pihaknya akan memastikan Pemilu berjalan damai.

"Kami akan bekerja maksimal. TPS yang kami anggap rawan nanti akan ada pola pengamanan dan patroli," sebutnya usai simulasi pengamanan Pemilu 2024 di Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru, Selasa.

Pemilu yang aman juga diupayakan di tiap kabupaten dan kota di Riau. Terbukti dari tiap Polres jajaran melakukan simulasi pengamanan Pemilu, tak hanya di Kota Pekanbaru.

Iqbal menjelaskan, Jalan Gajah Mada dipilih sebagai lokasi simulasi lantaran juga ingin mengedukasi masyarakat.

"Ketika ada suasana yang mengarah ketidakberaturan, masyarakat juga harus memiliki sense of crisis agar seluruh masyarakat juga terbiasa," ungkapnya.

Iqbal menuturkan, TNI-Polri berada di garda terdepan dalam pengamanan, namun keberhasilan pemilu juga bagaimana seluruh pihak dapat berperan, baik seluruh stakeholder maupun elemen masyarakat.

"Kita sudah melakukan upaya pencegahan dini preventif dengan menjaga persatuan dan kesatuan, mengeratkan kebersamaan, meminimalisir perbedaan. Insyaallah pemilu berjalan damai," harapnya.