Hutama Karya hadirkan dua pelaku UMKM binaan di ajang Inacraft 2023

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Hutama Karya

Hutama Karya hadirkan dua pelaku UMKM binaan di ajang Inacraft 2023

PT Hutama Karya (Persero) menghadirkan dua UMKM binaan pada ajang pameran Inacraft 2023 di Balai Sidang Jakarta yang berlangsung dari Rabu (4/10) hingga Minggu (8/10). (ANTARA/HO-PT Hutama Karya)

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) menghadirkan dua pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Senayan, Jakarta yang berlangsung pada 4-8 Oktober.

“Partisipasi Hutama Karya dalam pameran Inacraft ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung dan memajukan pelaku UMKM di Indonesia dengan memberikan peluang dalam mengembangkan bisnis mereka,” ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo dalam keterangan resmi, Sabtu.

Pameran itu merupakan kesempatan sekaligus wadah bagi pelaku UMKM binaan Hutama Karya untuk mengenalkan produk-produk unggulannya kepada masyarakat sekaligus sebagai ajang untuk memperluas pangsa pasar internasional.

Tjahjo menjelaskan dalam ajang Inacraft 2023 Hutama Karya menghadirkan KINNI Store dengan produk utama Kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan serta produk lainnya seperti syal, tas, kemeja, kaos hingga masker yang juga berbahan dasar kain tersebut.

Kemudian ada mitra binaan dari Ogan Ilir Sumatera Selatan yang memamerkan produk seperti Kain Gebeng Maju Berjaya, beberapa kerajinan logam yaitu Apika Silver dengan produk aneka perhiasan perak serta Kelompok Usaha Bersama (KUB) Usang Sungging dengan kerajinan perabotan berbahan tembaga dan aluminium.

"Kedua mitra binaan tersebut dipilih untuk mengikuti ajang ini karena memiliki produk khas yang mewakili daerah mereka masing-masing dengan kualitas serta potensi nilai jual yang baik," ucap Tjahjo.

Dia menambahkan, Hutama Karya terus menjalankan serangkaian program pendampingan dan pembinaan bersama Dinas Koperasi setempat serta pendanaan modal usaha dalam bentuk pinjaman.

“Seluruh produk yang mereka hasilkan merupakan hasil dari buatan tangan dan kreativitas masing-masing sehingga harapan dan target dari keikutsertaan acara ini adalah dapat menarik pengunjung sebanyak-banyaknya yang kemudian menciptakan keuntungan baik berupa promosi maupun transaksi produk,” ucap Tjahjo.

Dia menambahkan Hutama Karya telah melakukan program binaan kepada kedua mitra UMKM sejak tahun 2020 yaitu berupa pendampingan usaha untuk inovasi produk, bisnis dan pemasaran serta aktif melibatkan di berbagai ajang pameran.

Yanty Susanti Tanjung selaku pemilik KINNI Store mengatakan selain untuk meningkatkan penjualan produk, ajang Inacraft 2023 juga menjadi tempat interaksi dan pertukaran informasi tren kerajinan.

“Sebagai minta binaan, kami didukung penuh oleh Hutama Karya khususnya dalam keterlibatan di Inacraft 2023 yang kami manfaatkan sebagai ajang interaksi dan pertukaran informasi mengenai tren kerajinan serta meningkatkan aktivitas penjualan produk kami,” ujar Yanty.

Sebelumnya, Hutama Karya bersama kedua mitra binaan telah mengikuti ajang pameran SME’s HUB yang merupakan kegiatan tambahan dalam perhelatan KTT ASEAN 2023 di Marina Waterfront Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada bulan Mei.

Baca juga: Teten Masduki sebut publik figur turut andil promosikan produk luar negeri

Baca juga: Pertamina perluas pasar global UMKM lewat ajang pameran nasional Kriyanusa 2023