Bupati Siak beri ambulans untuk kampung jauh dari rumah sakit

id Bupati Siak, satu unit ambulance, kampung jauh, rumah sakit

Bupati Siak beri ambulans untuk kampung jauh dari rumah sakit

Bupati Siak Alfedri menyerahkan secara simbolis kunci mobil ambulans kepada Kampung Tasik Betung, Kecamatan Sungai Mandau. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri memberi satu unit mobil ambulans untuk kampung (desa) Tasik Betung, Kecamatan Sungai Mandau, yang lokasinya jauh dari pusat kesehatan masyarakat maupun rumah sakit.

"Kami menyerahkan satu unit mobil ambulansuntuk masyarakat Kampung Tasik Betung. Ambulans ini nantinya akan membantu masyarakat Kampung Tasik Betung yang akan berobat ke puskesmas yang berada di Kampung Sungai Selodang yang lokasinya cukup jauh," kata Alfedri, Jumat.

Hal itu untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat. Penyerahan mobil ambulans tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung (Bujang Kampung).

Tidak hanya menyerahkan, Bupati Siak juga mencoba secara langsung ambulans tersebut dengan mengendarainya. Dia melakukannya bersama Kepala Dinas Kesehatan Siak,Benny Chairuddin.

"Tadi saya telah mencoba sendiri mengendarai mobil ambulans ini, Alhamdulillah kondisi dan fasilitas mobilnya lengkap. Saya harap mobil ini bisa dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat sampai kapan pun," katanya.

Selain memberikan ambulans, Pemerintah Kabupaten Siak juga akan membangun Puskesmas Pembantu Plus yang akan melayani tiga Kampung yang ada di Kecamatan Sungai Mandau. Ketiganya, Kampung Tasik Betung, Kampung Becah Umbai dan Kampung Lubuk Umbut.

"Nantinya Pustu Plus tersebut akan dilengkapi dengan dokter, sehingga masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik ke depannya," ucapAlfedri.

Saat ini fasilitas kesehatan di Kabupaten Siak terdiri dari satu Rumah Sakit Umum Daerah Tipe C di Ibukota Siak. Lalu tiga RSUD Tipe D pada tiga kecamatan yakni di Tualang, Kandis, dan Minas serta satu dan dua puskesmas pada masing-masing kecamatan.