Realisasi peremajaan sawit rakyat di Riau capai 4.150 hektare

id Pemrov Riau,Sawit riau

Realisasi peremajaan sawit rakyat di Riau capai 4.150 hektare

Realisasi peremajaan sawit rakyat Riau capai 4.150 hektare. Antara/HO-Humas Pemrov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Realisasi peremajaan sawit di Riau tahun 2023 mencapai 4.150 hektare lahan atau sebesar 39,5 persen dari luas target 10.550 hektare (ha) lahan peremajaan sawit sesuai penetapan pemerintah.

"Pemerintah Provinsi Riau akan segera mempercepat peremajaan sawit Riau sebesar 60,5 persen lagi pada lahan perkebunan sawit melalui program PSR untuk kabupaten/kota se-Provinsi Riau," kata Gubernur Riau Syamsuar di Desa Kencana, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rohil, Selasa.

Syamsuar mengatakan saat ini kemajuan program peremajaan sawit rakyat dari sejumlah daerah di Riau tercatat realisasi peremajaan sawit rakyat (PSR) di Kabupaten Rokan Hilir ini cukup tinggi.

Ia menyebutkan bahwa pada tahun 2023 Kabupaten Rohil menargetkan PSR seluas 500 hektare atau melebihi target ditetapkan yakni seluas 578 hektare.

"Meski sudah melebihi target kalau ada yang mau mengurus program PSR maka pemerintah Provinsi Riau akan membantu sesuai kebijakan bahwa sawit berumur tua harus diremajakan,” katanya.

Syamsuar menjelaskan terkait keinginan untuk melakukan peremajaan sawit sejak masih menjadi Bupati Siak hingga turun langsung ke setiap desa untuk memberikan pemahaman kepada petani dan pemilik sawit tentang program PSR.

"Sebab sawit yang sudah tua tidak produktif lagi dan pendapatan petani menurun dan jika ada KUD lain nanti ingin melakukan peremajaan silahkan saja. Nanti kami akan proses ini juga untuk kebutuhan petani agar bisa menikmati hasil lebih cepat," katanya.

Ketua Pengurus KUD Karya Sawitri H Paidi mengapresiasi Gubernur Syamsuar karena bisa hadir berkumpul pada acara panen perdana seluas 76 hektare dari KUD Karya Sawitri paket D sekaligus tasyukuran.

"Terimakasih pak gubernur Syamsuar karena di sela-sela kesibukan bapak masih sempat datang ke tempat kita. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi masyarakat yang masih belum melakukan program PSR," katanya.