Kemarin, Kegiatan sidang AIPA dukung kesatuan ASEAN hingga Relawan Jokowi Jatim

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Kemarin, Kegiatan sidang AIPA dukung kesatuan ASEAN hingga Relawan Jokowi Jatim

Ketua DPR RI Puan Maharani saat foto bersama dengan 9 Ketua Delegasi Parlemen Anggota AIPA, 1 Sekretaris Jenderal AIPA dan 1 Sekretaris Jenderal ASEAN di Jakarta, Senin (7/8/2023) (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan Senin (7/8) kemarin mulai dari Sidang Umum AIPA Ke-44 perlu mendukung sentralitas dan persatuan ASEAN hingga Relawan Jokowi se-Jawa Timur dukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Puan: Sidang Umum AIPA Ke-44 perlu dukung sentralitas-persatuan ASEAN

Ketua DPR RI sekaligus Presiden ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) Ke-44 Puan Maharani menilai Sidang Umum AIPA Ke-44 perlu mendukung sentralitas dan persatuan ("unity and centrality") ASEAN dalam menghadapi tantangan meningkatnya persaingan antara kekuatan besar dunia.

“Tema Sidang Umum AIPA Ke-44 kali ini sejalan dengan tema Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN Ke-42, yakni ‘ASEAN 'Matters: Epicentrum of Growth’ di mana tema tersebut menekankan pentingnya ASEAN sebagai jangkar stabilitas dunia dari perspektif politik-keamanan, dan sebagai pusat pertumbuhan perspektif ekonomi,” kata Puan dalam agenda "Courtesy Call" dengan pimpinan delegasi peserta Sidang Umum AIPA Ke-44 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

2. Presiden: ASEAN harus jadi jangkar perdamaian dunia

Presiden Joko Widodo menyampaikan ASEAN dengan negara-negara anggota yang memiliki semangat keagamaan tinggi harus mampu menjadi jangkar perdamaian dunia.

"ASEAN harus menjadi jangkar perdamaian dunia. Saya yakin masyarakat ASEAN justru memiliki semangat keagamaan yang semakin meningkat," kata Jokowi dalam Forum Dialog Antarbudaya dan Antaragama ASEAN (ASEAN IIDC) 2023 yang digagas Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Kementerian Luar Negeri RI di Grand Ballroom Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

3. Jokowi resmikan Indonesia Arena di GBK Senayan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan stadion multifungsi dalam ruangan, Indonesia Arena, di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, yang dibangun dalam jangka waktu hanya 18 bulan.

“Dibangun dengan biaya Rp640 miliar, pembangunan ini selama 18 bulan, sangat cepat sekali,” kata Presiden Jokowi di Indonesia Arena, Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

4. Presiden minta Kemenlu pantau cuaca ekstrem berkaitan Jambore Dunia

Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Luar Negeri RI dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Korea Selatan terus memantau dampak cuaca ekstrem terhadap keikutsertaan 1.500 pramuka Indonesia dalam Jambore Dunia ke-25 di negara itu.

Demikian disampaikan Jokowi usai meresmikan arena olahraga dalam ruang Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

“Saya sudah perintahkan kepada Kementerian Luar Negeri, kepada kedutaan kita untuk selalu memonitor, untuk selalu memantau,” kata Jokowi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

5. Prabowo mendapat dukungan Relawan Jokowi se-Jawa Timur

Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto mendapat dukungan para Relawan Joko Widodo se-Jawa Timur pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kami menangkap pesan restu dari Pak Jokowi atas dukungan Pak Prabowo," kata Koordinator Relawan Jokowi se-Jawa Timur Afifuddin dalam keterangannya di Surabaya, Senin.

Selengkapnya klik di sini.