Puluhan pelajar Jepang belajar pembuatan kertas di Riau

id Berita hari ini, berita riau antara,APP Sinar Mas,berita riau terbaru

Puluhan pelajar Jepang  belajar pembuatan kertas di Riau

Belajar tentang industri kertas, puluhan pelajar Jepang kunjungi unit usaha APP Sinar Mas di Riau. (ANTARA/HO-Sinar Mas)

Perawang (ANTARA) - Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas di Riau, PT Arara Abadi dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Perawang menerima kunjungan edukatif dari puluhan pelajar Jepang, terdiri dari siswa sekolah menengah atas hingga mahasiswa jurusan forestry management dan agrikultur.

Kunjungan ini diinisiasi sejak lama bersama pemangku kepentingan terkait. Ini merupakan sebuah kolaborasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang industri kehutanan dan pulp & paper kepada generasi muda Jepang.

Selama kunjungan, pelajar diberi kesempatan untuk melihat langsung berbagai area operasional, mulai dari plantation, fire management, program pemberdayaan masyarakat, proses produksi di pabrik, R&D dan Nursery sampai dengan upaya restorasi.

Yu Yamazaki, Manager of Sustainability and Corporate Communications APP region Jepang, mengatakan ke depan, pelajar ini adalah pemimpin di masa yang akan datang. "Saya percaya mereka dapat memberikan dampak positif terhadap bisnis antara Jepang dan Indonesia. Faktanya, beberapa di antara mereka telah menunjukkan ketertarikan yang mendalam terhadap Indonesia, bahkan ada yang fasih berbahasa Indonesia."

Salah satu tenaga pendidik, Yoshikazu Tatemoto, menambahkan kunjungan ini penting untuk menambah pengalaman dan pengetahuan pelajar tentang produksi kertas dan upaya konservasi perusahaan.

"Mahasiswa kami memilih untuk datang ke sini karena sesuai dengan jurusan mereka, salah satunya forestry. Sementara para siswa sekolah menengah atas ingin mengetahui bagaimana kertas itu dibuat," katanya.

Hal ini adalah kesempatan berharga bagi para pelajar, salah satunya Moka Haruki yang menyampaikan bahwa selama ini dia tidak tahu bagaimana kertas itu dibuat. "Dengan kunjungan ini, saya dapat melihat langsung bagaimana kertas yang saya gunakan sehari-hari diproduksi," ungkapnya.

Eri Furihatamahasiswa Jepang juga mengungkapkan hal yang senada. "Dengan mengetahui bagaimana kertas yang biasa saya gunakan di Jepang diproduksi, saya merasa bahwa ini adalah kertas terbaik. Bukan hanya proses pembuatannya, saya juga dapat belajar tentang berbagai aktivitas konservasi dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Kunjungan ini akan diakhiri dengan penanaman spesies pohon lokal di kawasan Tahura Sultan Syarif Hasyim, Riau, yang dalam dua tahun terakhir menjadi lokasi restorasi hutan kerja sama antara Dinas Kehutanan Provinsi Riau dengan Yayasan Belantara dan APP Sinar Mas.