Desa Koto Masjid wakili Riau dalam lomba desa tingkat nasional

id Desa koto masjid, desa kampar

Desa Koto Masjid wakili Riau dalam lomba desa tingkat nasional

Foto bersama tim penilai dari Kemendes RI. (ANTARA/

Kampar (ANTARA) - Kementerian Desa hadir melakukan klarifikasi lapangan dan memilih Desa Koto Mesjid Kecamatan XIII Koto Kampar untuk mewakili Provinsi Riau dalam lomba desa dan kelurahan tingkat nasional.

Kehadiran Tim Penilai dari Kementerian Desa Tim Penilai yang dipimpin Dadang Teguh Nur Yulistiwa itu disambut Pj. Sekda Kampar Ramlah didampingi Kadis PMD Kabupaten Kampar Lukmansyah Badoe, Sekretaris PMD, Dukcapil Provinsi Riau Aswandi, Selasa.

Desa Koto Mesjid yang terpilih mewakili Provinsi Riau dalam lomba Desa dan Kelurahan tersebut memiliki motto "Tiada Rumah Tanpa Kolam".

Dalam sambutannya, Pj Sekda Kampar Ramlah menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai lomba desa dari Kemendes.

“Selamat datang kepada Tim Penilai. Momentum lomba desa ini diharapkan dapat mendorong peningkatan pembangunan masyarakat desa. Sehingga dapat menunjang akselerasi percepatan target pembangunan daerah,” kata Ramlah.

Dia menyampaikan capaian-capaian Desa Koto Masjid sangat luar biasa termasuk inovasi-inovasi yang ada di Desa Koto Mesjid juga sangat luar biasa.

Dia mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pemerintah kecamatan dan desa yang telah berpartisipasi dalam kelancaran kegiatan klarifikasi dan lomba desa tingkat regional ini.

“Desa ini layak juara. Saya mewakili Pemerintahan Daerah Kabupaten Kampar sangat mendukung dan memberikan apresiasi dengan terselenggaranya penilaian dan evaluasi dan klarifikasi ini, karena akan memacu desa dalam menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki bagi pengembangan dan upaya pembenahan di waktu mendatang,” ujarnya.

Sekretaris DPRD Kampar ini berharap Desa Koto Masjid Kecamatan XIII Koto Kampar ini dapat menjadi juara satu dari perwakilan Provinsi Riau.

Sementara, Ketua Koordinator Tim Klarifikasi Lapangan Dadang Teguh Nur Yulistiwa mengucapkan selamat kepada Desa Koto Masjid yang telah menjadi nominasi.

"Saya ucapkan selamat kepada desa Koto Masjid yang masuk nominasi, 5 terbaik regional I (Sumatera) yaitu 23.183 desa yang ada di wilayah Sumatera," ujarnya.

Ia menyampaikan kegiatan lomba desa ini merupakan bentuk evaluasi dan penilaian pengembangan desa dan kelurahan dalam penyelenggaraan pemerintah, kewilayahan, dan ke masyarakat yang dilakukan secara berjenjang.

"Lomba ini dilakukan secara berjenjang dari kecamatan, kabupaten/kota, provinsi sampai dengan tingkat regional/pusat. Klarifikasi penilai ini yang dilakukan di Desa Koto Masjid akan dilakukan mulai dari 17 sampai 19 Juli," kata dia. (Infotorial)