Tim gabungan padamkan karhutla di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

id polres Bengkalis,karhutla,Giam Siak kecil,kecamatan pinggir,kabupaten Bengkalis

Tim gabungan padamkan karhutla di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

Tim gabungan melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi karhutla Giam Siak Kecil Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Tim gabungan dari Polri,TNI, BPBD, Masyarakat Peduli Api (MPA), Regu Pemadam Kebakaran (TPK) Manggala Agni dan BBKSDA berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Cagar Biosfir Giam Siak Kecil Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro mengungkapkan bahwa tindakan dan upaya yang dilakukan diambil dalam menangani karhutla yang terjadi di wilayah hutan Giam Siak Kecil merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolda Riau Irjen Pol MohammadIqbal.

"Meskipun terkendala lokasi yang sulit dicapai, namun tidak menyurutkan semangat tim gabungan untuk terus menerobos rintangan medan yang ditempuh melalui darat dan sungai menggunakan sampan untuk mencapai lokasi bersama peralatan pemadaman," kata Kapolres, Kamis.

Dikatakan Kapolres, karhutla yang terjadi di wilayah Giam Siak Kecil ini diperkirakan mencapai 10 hektar dan pemadaman dilakukan dari darat dibantu dengan water bombing oleh helikopter di lokasi yang sulit dijangkau.

"Untuk wilayah yang sulit dijangkau, pemadaman dilakukan dengan cara water Bombing menggunakan helikopter dari pihak PT. Arara Abadi dan koordinasi yang baik dan strategi penanganan yang tepat menjadi kunci keberhasilan tim gabungan memadamkan karhutla," ungkap Setyo.

Selain itu, upaya penyelidikan dan penyidikan terkait penyebab kebakaran juga menjadi atensi dari jajarannya untuk memburu pelaku dengan menurunkan tim yang dipimpin langsung Kasat Reskrim melakukan olah TKP di lokasi yang terbakar.

"Tim penyidik telah berkoordinasi dengan pihak BBKSDA terkait adanya fakta-fakta yang ditemukan di TKP," kata Kapolres.

Ditambahkan Kapolres bahwa upaya pemadaman terus dilakukan dilokasi walaupun lokasi yang terbakar sudah dapat dipadamkan selama tiga hari dalam rangka pendinginan dan juga melakukan penjagaan di kawan yang dilindungi tersebut