Curigai penyelewengan sistem zonasi, orangtua calon siswa geruduk sekolah di Pekanbaru

id PPDB,Ppdb online,Sman 1 pekanbaru

Curigai penyelewengan sistem zonasi, orangtua calon siswa geruduk sekolah di Pekanbaru

Sejumlah orangtua siswa mendatangi SMA di Pekanbaru mempertanyakan permasalahan sistem zonasi.(ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah orang tua calon siswa mendatangi SMA N 8 dan SMA N 1 Pekanbaru guna mempertanyakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang diduga ada penyelewengan, Senin pagi.

Massa aksi yang mengatasnamakan Pejuang Zonasi ini mengeluhkan anaknya tidak diterima di sekolah tersebut walaupun tinggal tak jauh dari sekolah.

Mereka mengaku kecewa sebab jalur zonasi di SMA favorit di Pekanbaru tersebut tidak mengakomodir warga tempatan. Mereka menduga adanya manipulasi data administrasi kependudukan agar tampak tinggal di dekat sekolah tersebut.

Kecurigaan itu muncul dengan banyaknya jumlah siswa yang mendaftar yang KK-nya beralamat di sekitar sekolah.

"Kami mempertanyakan kredibilitas tim verifikasi. Kami menginginkan verifikasi faktual yang transparan," sebut Koordinasi Pejuang Zonasi, Sri Deviana.

Di lain sisi, Kepala SMA N 1 Pekanbaru Wan Rosmita saat ditemui menyebutkan pihaknya sudah menjalankan sesuai dengan sistem.

Ia berharap orangtua siswa dapat legowo apabila anaknya tak diterima di sekolah yang dipilih.

"Solusinya kita hidupkan lagi sekolah swasta. Kami tak punya daya upaya apabila jarak yang telah mengurutkan. Kami tak bisa berbuat apa-apa," pungkasnya.