Ribuan Murid di Siak Sholat Minta Hujan

id ribuan murid, di siak, sholat minta hujan

Ribuan Murid di Siak Sholat Minta Hujan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ribuan murid sekolah si Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, melakukan sholat minta hujan atau sholat Istisqa karena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan belakangan ini menganggu mereka dalam proses belajar mengajar.

"Kami meminta masing-masing guru agar membimbing murid untuk sholat Istigso (minta hujan) karena kabut asap masih tebal," kata Kepala Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) Kecamatan Tualang Zahroni di Pekanbaru, Kamis.

Menurut litelatur, istisqa secara bahasa adalah meminta turun hujan. Secara istilah yaitu meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta¿ala agar menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika dibutuhkan hamba-Nya.

Hukum sholat Istisqa adalah sunnah muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya. Dan dianjurkan bagi kaum Muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, sebagai bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan.

Dia mengatakan sholat minta hujan itu dilakukan bersama di masjid dan musala terdekat dengan sekolah.

Bahkan pihaknya mengharapkan sholat itu diupayakan digelar murid dan guru pada tiap sekolah yang memiliki sarana peribadatan.

Pernyataan tersebut terkait kabut asap sejak dua hari terakhir ini pekat menyebabkan mata perih bila mengendarai sepeda motor dan anak didik terpaksa mengunakan masker dalam kelas.

Namun aparat Dinas Pendidikan Kabupaten Siak memerintahkan kepala sekolah bila dianggap dapat membahayakan kesehatan anak didik, maka lebih baik untuk sementara diliburkan.

Dia mengatakan aparat pemerintah setempat dan Pemprov Riau bersama Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) berupaya untuk memadamkan api di Siak dan beberapa wilayah lainnya.

Namun upaya pemadaman belum juga maksimal karena dari pantauan satelit titik api terlihat lebih dari 240 lokasi.