Gubri terima enam penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023

id Pemrov Riau

Gubri terima enam penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023

Gubernur Syamsuar (tengah) saat penerimaan penghargaan di Jakarta dari Menparekraf Sandiaga S Uno (kiri). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meraih enam penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023 yang diinisiasi Info Bank bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI).

Penghargaan Anugerah Adinata Syariah 2023 tersebut diterima langsung oleh Gubernur Riau Syamsuardi Jakarta, Jumat.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi Komunikasi Publik (IKP), Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) RiauEriadi Fahmi mengatakan penghargaan itu berasal dari 10 kategori yakni peringkat dua kategori keuangan syariah, peringkat 5 kategori industri halal.

Penghargaan berikutnya peringkat pertama kategori keuangan sosial syariah, peringkat empat keuangan mikro syariah, peringkat pertama kategori sektor ekonomi hijau dan berkelanjutan, peringkat kedua kelembagaan daerah.

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin pada kesempatan itu mengapresiasi pemprov yang memperoleh penghargaan dantelah membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

"Selamat kepada kepala daerah yang mendapatkan penghargaan. Saya menitipkan harapan pada daerah-daerah lainnya (yang belum membentuk KDEKS) untuk dapat menyusun pembentukan kelembagaan ini," katanya.

Wapres juga mengajak semua pihak menciptakan ketahanan ekonomi nasional serta pembangunan ekonomi yang inklusif berkeadilan dan berkelanjutan. "Utamanya dengan membangun sinergi dan akselerasi pengembangan ekonomi dan warna syariah dari pusat hingga ke daerah," katanya.

Wapres meminta kepala daerah memberikan dukungan berkelanjutan bagaimana program syariah dapat masuk dalam kerangka perencanaan dan pembangunan penganggaran pembangunan daerah, serta perkuat sinergi dan keselarasan berbagai program pusat dan daerah.

Dia menjelaskan penghargaan ini dapat dijadikan sebagai referensi kinerja pemacu semangat maupun pertukaran inspirasi dan praktik-praktik baik di berbagai daerah.

Sementara Direktur Utama BSI Hery Gunardipemdaselalu memberikan dukungan terhadap ekonomi dan keuangan syariah. "Selamat kepada seluruh pemda yang menerima penghargaan, mari kita bersinergi memajukan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional," katanya.