KPU Umumkan 29 balon DPD RI dapil Riau lolos Pemilu 2024

id Kpu riau, dpd ri riau

KPU Umumkan 29 balon DPD RI dapil Riau lolos Pemilu 2024

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan sebanyak 29 bakal calon (balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Provinsi Riau, lolos dan memenuhi syarat verifikasi faktual kedua.

"Alhamdulillah, KPU Riau dan jajaran KPU kabupaten/kota sudah menuntaskan seluruh rangkaian proses verifikasi syarat dukungan minimal pemilih bacalon DPD Riau, mulai dari verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual. Dan hasilnya sebanyak 29 orang dinyatakan memenuhi syarat (MS)," kata Muhammad Ilham Yasir, di Pekanbaru, Kamis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menetapkan putusan itu pada Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Kedua Syarat Dukungan Minimal Pemilih Bacalon DPD, Selasa (11/4).

Syarat dukungan minimal balon anggota DPD RI untuk Pemilu 2024 yakni sebanyak minimal 2.000 dukungan KTP elektronik dengan sebaran 50 persen di sejumlah kabupaten/kota se-Riau.

Dokumen hasil pleno 29 orang balon DPD yang memenuhi syarat ditingkat provinsi ini, kemudian akan diserahkan kepada KPU RI di Jakarta, agar ditetapkan secara nasional.

Lanjut dia, hasil penetapan secara nasional nanti akan diumumkan dan akan menjadi dokumen syarat untuk mendaftar kembali ke KPU Riau.

"Hasil pleno merupakan tiket untuk mendaftar kembali ke KPU Riau. Kita akan melihat pada saat tahapan pendaftaran nanti pada 1-14 Mei 2023, apakah jumlahnya akan tetap 29 atau malah berkurang," jelas Ilham.

Setelah pendaftaran calon DPD, KPU Riau akan menyusun Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT) perseorangan DPD pada Pemilu 2024. Jika melihat data pada Pemilu sebelumnya, jumlah balon DPD Riau untuk Pemilu tahun 2024 lebih banyak.

"Jumlah bacalon DPD Riau pada Pemilu 2024 tampaknya lebih banyak, jika dibandingkan pada Pemilu 2019 lalu yang hanya 27 orang. Tapi kita akan melihat lagi nanti setelah penetapan DCS dan DCT,"jelas Ilham.

Berikut nama Bacalon DPD RI Dapil Riau yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) :

1. Abdul Hamid

2. Alpasirin

3. Arif Eka Saputra

4. Benson Sinaga

5. Biran Affandi Yusriono

6. Chaidir

7. Dr H M Rizal Akbar MPHIL

8. Eddy Budianto

9. Edwin Pratama Putra

10. Elfenni Erdianta Br Bangun

11. Herman Maskar

12. Hopea Ingvirnia Erwin

13. Ichwanul Ihsan

14. Juprizal

15. Kharisman Risanda

16. Lampita Pakpahan

17. Marjoni Hendri

18. Martius Busti

19. Mimi Lutmila

20. Misharti

21. Muhammad Mursyid

22. Patar Sitanggang

23. Pebrialin Razak

24. Rido Rikardo

25. Rizaldi Putra

26. Romwel Sitompul

27. Sewitri

28. T Rusli Ahmad

29. Yosrizal