Bupati Kepulauan Meranti paparkan kemeriahan "Perang Air" ke Sandiaga

id bupati meranti,kepulauan meranti, perang air

Bupati Kepulauan Meranti paparkan kemeriahan "Perang Air" ke Sandiaga

Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil (kiri) didampingi Sekda Bambang Suprianto menerima buah tangan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno (tengah) usai pertemuan membahas terkait pariwisata Meranti di Jakarta, Rabu (22/2/2023). (ANTARA/HO-Pemkab Meranti)

Kepulauan Meranti (ANTARA) - Bupati Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Muhammad Adil memaparkan kemeriahan Festival Perang Air (Cian Cui) di daerahnya beberapa waktu lalu kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Jakarta, Rabu.

"Cian cui Imlek tahun 2023 ini diperkirakan ada transaksi ekonomi mencapai Rp26 miliar. Ramainya wisatawan membuat semua hotel penuh, bahkan ada yang menyewa rumah warga selama kegiatan itu," sebut Adil melalui pernyataannya kepada ANTARA di Meranti.

Festival Perang Air pada akhir Januari 2023 ini dinilai sangat meriah setelah dua tahun tidak dilaksanakan akibat adanya pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, Adil juga menyebutkan beberapa sektor pariwisata lain di daerahnya, seperti Pesta Sungai Bokor yang berisikan iven budaya, tradisi dan pesta buah serta wisata tasik dan mangrove.

"Kami sangat membutuhkan dukungan dan prioritas pembangunan dari Kemenparekraf," harap Bupati Adil.

Harapan Bupati, sektor pariwisata tersebut bisa berkembang dengan kolaborasi bersama Kemenparekraf sehingga bisa mengurangi kemiskinan ekstrem di Kepulauan Meranti.

Saat itu Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab Kepulauan Meranti dalam mengembangkan sektor pariwisata di wilayahnya.

Sandi juga mengatakan bahwa Festival Perang Air cukup menarik apalagi mampu mendatangkan ribuan wisatawan manca negara.

Ia berharap Festival Perang Air ini bisa dikemas dengan baik dan bisa menggaet pihak swasta supaya lebih banyak yang datang.