PHR bangun jembatan Rohul maksimalkan distribusi migas

id Jembatan, PHR,bangun, jembatan, Rohul ,maksimalkan, distribusi ,Migas

PHR bangun jembatan Rohul maksimalkan distribusi migas

Pengendara motor melintasi jembatan rusak di Nagari Sungai Buluh Timur, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Kamis (26/1/2023). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.

Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun ini akan membangun Jembatan Jorang yang melintasi Sungai Rokan Kiri, di Desa Bonai, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu.

"Jembatan Jorang tersebut dibangun untuk memaksimalkan potensi migas, selain itu juga untuk membantu akses masyarakat yang selama ini terkendala karena terpisah aliran sungai," kata Manager External Communications & Stakeholder Relations area North PHR Rudi Arief di Pekanbaru, Kamis.

Kata Arif, di lokasi tersebut, terdapat lapangan migas yang memiliki potensi produksi besar yang dapat membantu pemenuhan energi nasional yang ditargetkan pemerintah.

Selama ini, untuk menuju ke sana, kendaraan maupun fasilitas produksi PHR diseberangkan menggunakan kapal feri berukuran sedang. Namun saat air sungai surut, penyeberangan ini terkendala sehingga berpotensi mengganggu kelancaran operasional pengeboran sumur minyak baru.

"Begitupun warga setempat, mereka menggunakan moda transportasi itu sebagai sarana menyeberang. Dengan adanya jembatan Jorang nantinya, fasilitas ini akan memberikan efek ganda yang bermanfaat bagi warga, baik sebagai sarana aktivitas ekonomi masyarakat maupun kebutuhan lain seperti akses ke sekolah, tempat kerja, rumah ibadah, dan sebagainya," ungkapnya.

Rencana pembangunan jembatan Jorang itu telah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Rohul, yang mana pada 20 Desember 2022 lalu, PHR bersama Pemda Rohul berdiskusi untuk membahas lebih lanjut rencana pembangunan jembatan permanen tersebut.

Rudi Arief menyampaikan, terima kasih dan mengapresiasi dukungan Pemkab Rohul dalam perencanaan pembangunan jembatan di Bonai Darussalam tersebut. Menurutnya, berdasarkan studi yang dilakukan PHR, demi kelancaran pengeboran sumur minyak, saat ini ditemukan kendala, yakni jembatan, di mana Sungai Rokan memisahkan lapangan Jurong dengan lapangan minyak lainnya di wilayah operasi PHR.

"Jembatan ini dibangun untuk memaksimalkan potensi produksi migas dari lapangan migas di Rohul. Selain untuk kelancaran akses operasi, maka akan bermanfaat bagi masyarakat untuk jangka panjang," ungkapnya lagi.

Bupati Rohul melalui Asisten II, Ibnu Ulya dalam pertemuan itu mengaku bersyukur dengan adanya rencana pembangunan tersebut, karena tentunya investasi PHR sangat besar untuk membangun jembatan permanen yang juga akan dimanfaatkan warga.

Hal ini juga merupakan harapan Pemkab Rohul berupa partisipasi perusahaan dalam ikut membangun daerah.

Di tempat terpisah, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus menyampaikan dukungan terhadap pembangunan Jembatan Jorang yang dapat membuka akses yang selama ini menggunakan sampan.

Ia berharap pembangunan jembatan yang akan dibangun ini dapat segera direalisasikan. Jika program ini berjalan sesuai yang diharapkan, maka akan sangat menunjang operasional PHR dalam memenuhi target produksi minyak yang massif dan agresif, khususnya yang berasal dari daerah hilir Rokan Hulu seperti Jurong, Bonai dan sekitarnya.