Begini upaya Satlantas Polresta Pekanbaru tekan lakalantas

id Satlantas Polresta Pekanbaru,kecelakaan,lakalantas

Begini upaya Satlantas Polresta Pekanbaru tekan lakalantas

Kasatlantas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina saat mengatur arus lalu lintas (ANTARA/Ho-Satlantas Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Berbagai upaya pencegahan dilakukan Satlantas Polresta Pekanbaru untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, salah satunya dengan membentuk komunitas masyarakat peduli keselamatan berlalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pekanbaru Kompol Birgitta Atvina melalui pernyataannya, Selasa, mengatakan upaya ini dilakukan sesuai dengan arahan Dirlantas Polda Riau Kombes Dwi Nur Setiawan. Tujuannya agar jajarannya melakukan upaya-upaya pencegahan sejak dini.

“Untuk menekan angka kecelakaan dari 2022 lalu, kami sudah memulai beberapa langkah, mulai penggalangan terhadap komunitas masyarakat peduli keselamatan lalu lintas,” terang Birgitta.

Selain itu, Satlantas Polresta Pekanbaru juga memasang spanduk imbauan di lokasi rawan kecelakaan serta rutin mendatangi sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan tentang tertib berlalulintas.

Baca juga: Pengemudi mobil tabrak pengendara motor ditahan karena terbukti konsumsi narkoba

“Kami sampaikan kepada para pelajar terkait bahayanya melanggar lalu lintas, mensosialisasikan tentang rambu-rambu. Tidak hanya pelajar, kepada masyarakat umum juga kami lakukan hal yang sama,” paparnya.

Tak hanya itu, pihaknya turut melakukan peningkatan kinerja personel di lapangan dengan melakukan pengaturan lalu lintas. Salah satunya patroli Blue Light yang selama ini sudah berjalan.

“Kami juga akan meningkatkan koordinasi dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) di wilayah hukum Polresta Pekanbaru dan memperkuat kerjasama dengan stakeholder terkait guna menekan angka kecelakaan lalu lintas,” pungkas Birgitta.

Sepanjang 2022, diketahui jumlah kecelakaan lalu lintas di Pekanbaru tercatat sebanyak 173 kejadian dengan korban meninggal dunia 55 orang dan luka berat 50 orang. Beberapa hari lalu, kecelakaan maut terjadi di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru. Sebuah mobil menabrak dua pengendara sepeda motor hingga salahsatunyameninggal dunia, korban lainnya mengalami luka serius.

Baca juga: Mobil hantam 2 motor di Jalan Sudirman Pekanbaru, 1 korban tewas