Pelni tambah armada kapal penumpang Natal dan tahun baru rute Tanjungpinang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, kapal penumpang

Pelni tambah armada kapal penumpang Natal dan tahun baru rute Tanjungpinang

Pelni gelar media gathering kesiapan menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Tanjungpinang, Kepri, Selasa (20/12). (ANTARA/Ogen)

Jakarta (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menambah satu kapal untuk melayani rute Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), yaitu KM Dorolonda seiring meningkatnya penumpang pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Cabang Pelni Tanjungpinang I.B.A Putra Kencanamenyebut KM Dorolonda akan melayani penumpang tujuan Belawan, Batam, Kijang, Tanjung Priok dan seterusnya.

"Tahun ini jumlah penumpang diprediksi naik 5.311 orang dibanding tahun lalu," katanya di Tanjungpinang, Rabu.

Ia menjelaskan total kapal Pelni yang melayari rute Tanjungpinang pada libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 sebanyak tujuh unit. Enam kapal lainnya yakni, KM Kelud melayani rute Tanjung Priok, Belawan, Batam, dan singgah ke Tanjungpinang.

Kemudian KM Bukit Raya dengan rute Tanjung Priok, Belinyu, Tanjungpinang, Letung, Tarempa, Selat Lampa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak, dan Surabaya. Rute Tanjungpinang jadi salah satu pelabuhan dengan penumpang yang cukup padat dengan menggunakan KM Bukit Raya, karena sangat familiar untuk masyarakat setempat.

Selanjutnya, KM Umsini dengan rute Tanjungpinang, Tanjung Priok, Surabaya, Makassar, Maumere sampai Kupang."Durasi pelayarannya per 14 hari sekali," ujarnya.

Selain itu, ada juga KM Sabuk Nusantara 84 dan 48 yang bersandar di pelabuhan Tanjungpinang. Lalu KM Sabuk Nusantara 80 yang bersandar di pelabuhan Kijang, Kabupaten Bintan. Durasi pelayarannya per 10 hari sekali.

Dia berharap pelayaran selama periode Natal dan tahun baru kali ini berjalan lancar tanpa kendala apa pun. Namun, Pelni tetap harus mengantisipasi perubahan masyarakat dalam melakukan perjalanan setelah hampir tiga tahun pandemi COVID-19.

"Antisipasi yang kami lakukan dengan melakukan protokol keamanan dan kesehatan yang lebih matang di lapangan. Semoga target penumpang tercapai dan masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan aman, selamat, dan sehat,” katanya pula.

Baca juga: Pelni siapkan sebanyak 69 unit kapal pada libur Natal dan tahun baru

Baca juga: Rektor Unri: Tol laut menuju kemandirian dan kedaulatan negara