BBPOM di Pekanbaru evaluasi Program Desa Pangan Aman di Rohil

id Bbpom pekanbaru, bbpom di pekanbaru

BBPOM di Pekanbaru evaluasi Program Desa Pangan Aman di Rohil

Salah satu kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Prioritas Nasional Desa Pangan Aman di Kabupaten Rokan Hilir.  (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - BBPOM di Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Prioritas Nasional Desa Pangan Aman di Kabupaten Rokan Hilir.

Monitoring dan evaluasi dilakukan terhadap Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kepenghuluan Sungai Panjipanji dan Kepenghuluan Lenggadai Hulu yang telah memperoleh intervensi keamanan pangan oleh BBPOM di Pekanbaru pada tahun 2022.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Desa Pangan Aman di Kabupaten Rokan Hilir tersebut dibuka oleh Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hilir Ali Asfar pada Kamis, 8 Desember 2022.

Kepala BBPOM di Pekanbaru Yosef Dwi Irwan mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk melihat proses maupun kemajuan pelaksanaan program Desa Pangan Aman pada ketiga kepenghuluan yang telah diintervensi.

Di samping itu, katanya, hal itu juga untuk mengukur capaian target yang telah ditetapkan, mengidentifikasi hal-hal yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program, serta memperoleh rekomendasi untuk pengembangan program lanjutan.

Mengingat pentingnya keberlangsungan program Desa Pangan Aman pada ketiga kepenghuluan tersebut, tim Keamanan Pangan Desa (KPD) Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kepenghuluan Sungai Panji-panji dan Kepenghuluan Lenggadai Hulu telah menyusun dokumen perencanaan program keamanan pangan desa mandiri tahun 2023.

Yosef juga berharap kepada KKPD yang ada di Kabupaten Rokan Hilir untuk dapat selalu bersemangat dalam menerapkan keamanan pangan di daerahnya masing-masing.

"Semoga KKPD Rokan Hilir dapat meraih berbagai prestasi di tingkat nasional pada tahun-tahun mendatang seperti Desa Bukit Intan Makmur yang telah berhasil Meraih Juara 2 Nasional Lomba Desa Pangan Aman Tahun 2020 dan Kelurahan Agrowisata yang telah berhasil berhasil meraih penghargaan sebagai KKPD Terbaik Tingkat Nasional 2021 serta Nominator Lomba Desa Pangan Aman Nasional 2021," harapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan program keamanan pangan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir yang ditandatangani Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Rokan Hilir serta Kepala BBPOM di Pekanbaru Yosef Dwi Irwan.

Kemudian juga dilakukan penandatanganan dokumen perencanaan program keamanan pangan mandiri tersebut oleh Tim KPD, penghulu, camat dan Bupati Rokan Hilir.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Desa Pangan Aman di Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2022 itu dihadiri oleh Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) Terbaik Tingkat Nasional Rahima.

Rahima menyampaikan motivasi dan berbagi pengalaman mengenai pencapaiannya sehingga dapat menjadi KKPD Terbaik Tingkat Nasional.

Pada kesempatan itu Kepala BBPOM di Pekanbaru juga menyerahkan sertifikat penghargaan dan hadiah kepada beberapa KKPD Rokan Hilir yang telah berpartisipasi aktif dalam melaksanakan Program Desa Pangan Aman di kepenghuluannya masing-masing melalui kegiatan penghargaan KKPD Awards.