Niken Khairunnisa Larasati terpilih Jadi Duta Anak Kampar 2022

id Duta,Duta anak kampar, duta anak

Niken Khairunnisa Larasati terpilih Jadi Duta Anak Kampar 2022

Asisten Setda Kampar Zamzami mengalungkan slempang kepada Duata Anak terpilih. (ANTARA/

Kampar (ANTARA) - Niken Khairunnisa Larasati terpilih juara I jadi duta anak dari Bangkinang Kota, runner up I diraih Rehan Akil Alhandri dari Kecamatan Kampar dam runner up II M. Rafi dari Bangkinang Kota.

Pemilihan itu dilaksanakan pada Jambore Hari Anak Nasional dan Grand Final Duta Anak Kampar tahun 2022 di area kolam renang Taman Rekreasi Stanum Bangkinang Kota, Sabtu.

Sementara yang masuk Grand Final Duta Anak di antaranya Amanda Risty Aulia, Ahzahrah Nabila, Fitri Rahmadani, Shella Darma Syahri, Rangga H ardiansyah, Muhammad Rasya dalem, Faziya Islami Arsha Putri.

Staf Ahli Bupati Kampar Bidang Ekonomi Zamzami Hasan mewakili Pj. Bupati Kampar membuka secara resmi acara jambore itu. Ia berharap agar anak-anak dapat menjadi pelapor jika terjadi kekerasan, dengan adanya jambore ini bisa meningkatkan kesadaran bertapa pentingnya peran anak.

“Selamat kepada duta anak yang terpilih, semoga dapat menjalankan peran sebagai duta anak yakni Pelopor dan Pelapor," ucapnya.

Dia juga mengapresiasikegiatan ini sangat kreatif dan bernilai lingkungan, “Inilah yang kita harapkan dari anak-anak Kampar, adanya kepedulian kepada lingkungan dan pelopor dalam menjadi contoh motivasi kepada anak di Kabupaten Kampar untuk berpartisipasi dalam pembangunan," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Kampar Edi Apfrizal menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan rutin, bagaimana anak mempunyai hak dalam menyalurkan kreatifitas.

“Dengan terpilihnya duta anak kali ini bisa kita tingkatkan ke tingkat nasional bahkan internasional, dan mensosialisasikan program 2P ( pelopor dan pelapor),” kata dia.

Senada dengan itu, Kabid Pembina Forum Anak DPPKBPPPA Satiti Rahayu mengatakan bahwa kegiatan ini ditaja untuk memilih Duta Anak Kampar bersempena dengan hari Anak Nasional serta Hari Anak Dunia berbagai kegiatan dilaksanakan.

“Ini telah kita lakukan penjaringan dan penilaian oleh tim juri yang sesuai dengan kriteria," terangnya.

Dalam kegiatan di hadiri Kasi Pemenuhan Hak Anak Nila Riwayati, Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak Ns Susi Desriani dan peserta Grand Final Duta Anak Kampar.

Dalam jambore tahun ini banyak kegiatan yang di lakukan selain grand final Duta Anak Kampar 2022, juga dilaksanakan workshop materi 5 klaster pemenuhan hak anak dan pentas seni.