Repvblik dan Lebah Begantung ramaikan pembukaan Tour de Siak

id Repvblik, lebah Begantung, pembukaan, tour de Siak

Repvblik dan Lebah Begantung ramaikan pembukaan Tour de Siak

Arsip - Peserta Tour de Siak terakhir tahun 2019 dari 11 tim berbagai negara membalap dengan memakai masker.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Grup band Repvblik dan Orkes Melayu Lebah Bergantung dijadwalkan akan meramaikan pembukaan kejuaraan balap sepedaTour de Siak 2022 di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, 1 Desember mendatang.

"Untuk hiburan ada orkes Melayu Lebah Begantung dan Band Repvblik. Siak akan ramai Kamis (1/12) malam nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat di Pekanbaru, Selasa.

Pembukaan Tour de Siak 2022 dilaksanakan bersamaan dengan jamuan makan malam di Tepian Bandar Sungai Jantan (Turap Sungai Siak). Pada kesempatan tersebut masyarakat bakal dihibur di Lapangan Siak Bermadah.

Acara hiburan, lanjut Roni juga akan disuguhkan kepada masyarakat saat penutupan Tourde Siak 2022 di Kota Pekanbaru dan yang mendapatkan kesempatan menghibur masyarakat adalahWoy Band dan Erick Sitohang yang merupakan kakak penyanyi Judika.

Tour de Siak 2022 dilaksanakan berbeda dengan yang sebelumnya di mana rutenya diperluas hingga ke Pekanbaru. Jika dulunya hanya di Siak, tahun ini akan melewati Kabupaten Pelalawan dan Pekanbaru. Balapan sendiri terbagi dalam tiga etape. Sedangkan untuk penyelenggara dimotoriDispar Riau dan Siak.

Khusus untuk peserta, ada 13 tim sudah konfirmasi yang terdiri atas delapan tim dalam negeri dan lima tim luar negeri yang berasal dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina

Untuk Etape I yakni "Siak City Race" keliling Kota Siak Sri Inderapura sebanyak lima putaran dengan total jarak 85 kilometer. Balapan dimulai dari Istana Siak dan finisdi depan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi'an Siak, 2 Desember.

Etape II dimulai Siak hingga Pekanbaru melewati Kabupaten Pelalawan sejauh 130 km. Rutenya Siak, Dayun, Km 11, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Simpang Perak, Jalan Lintas Timur Sumatera di Pelalawan dan balapan finisdi Kantor Gubernur Riau.

Terakhir Etape III adalah balapan tengah kota Pekanbaru sejauh 120 kilometer dan terbagi atas tiga putaran. Balapan dimulai dari Kantor Gubernur Riau, Jembatan Siak IV, Rumbai, Jalan Paus, Simpang Bingung, Jalan Riau Ujung, Soekarno-Hatta, Arifin Achmad, dan Sudirman.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022