Segera dibuka, Riau Expo diminta akomodir pedagang kecil

id Riau Expo, DPrD Riau, pedagang kecil, promosi

Segera dibuka, Riau Expo diminta akomodir pedagang kecil

Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau Zulkifli Indra (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Ajang Riau Expo 2022 kembali dibuka dan akan diselenggarakan di Kawasan Purna MTQ Pekanbaru pada 22-26 November ini, setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Wakil Ketua Komisi III Provinsi Riau Zulkifli Indra di Pekanbaru, Senin, menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut. Dia berharap ajang ini menjadi spirit pendorong ekonomi Riau dan meningkatnya daya beli masyarakat.

"Jangan jadi iven yang hanya bersifat seremonial. Tapi bagaimana agar kegiatan ini berdampak bagi perekonomian daerah dan masyarakat," kata Politisi Demokrat Riau itu.

Dia meminta agar Riau Expo mengakomodir keberadaan pedagang kecil. Pemprov diminta untuk menyediakan stan-stanyang diperuntukkan bagi pedagang-pedagang kecil.

"Kita ingin agar iven ini, juga memberikan kesempatan bagi warga-warga yang ingin berdagang kuliner, diberikan kesempatan di lokasi Riau Expo," kata Zulkifli.

Dia berharap Riau Expo bukan hanya menampilkan produk-produk dari perusahaan besar. Namun juga dapat mempromosikan produk-produk berskala kecil, UMKM maupun produk home industry.

Kata dia, keberadaan Riau Expo sebagai wadah promosi juga akan mengangkat produk masyarakat kecil ke pasar yang lebih luas lagi. Sehingga bisa mendorong ekonomi dan daya beli masyarakat.

"Kita berharap, ada lokasi jajanan kuliner, dimana produk khas Riau, dapat dirasakan oleh pihak-pihak yang mengisi stanpameran. Riau memiliki makanan ringan roti jala, roti cana, kedai kopi terbaik, bahkan jajanan lainnya, yang bisa menjadi income-nya warga pasca pandemi,"kata dia.

Zulkifli juga meminta agar penyelenggaraan Riau Expo ini disosialisasikan secara masif agar ajang ini memiliki gaung yang besar dan memberikan dampak besar bagi masyarakat dan Pemprov. (Adv)

Baca juga: Porprov X Riau digelar, legislator ingatkan jaga sportivitas