Gubri sebut ajang Porprov seleksi atlet ukir prestasi

id gubernur,riau,porprov,pon,ajang prestasi,atlet,kuansing

Gubri sebut ajang Porprov seleksi atlet ukir prestasi

Ribuan masyarakat memadati Stadion Sport Center Teluk Kuantan dalam rangka menyaksikan pembukaan Porprv X Kuansing yang dibuka langsung oleh Gubri Syamsuar. (ANTARA/Alfisnardo)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan bahwa pesta olahhraga Porprov X diKuansing merupakan ajang untuk atlet dalam mengukir prestasi dan menjadi tolak ukur dalam menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) dan PON 2024 di Aceh dan Sumut.

"Dengan diselenggarakannya Porpov X Riau Kuansing merupakan salah satu ajang untuk seleksi atlet untuk mengukir prestasi dan juga menghadapi Porwil Riau yang pernah menjadi juara umum dua kali serta Pra Pon menjadi tolak ukur untuk ngikuti PON 2024," ujar Syamsuar saat membuka Porprov X Riau di Stadion Sport Center Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, Sabtu (12/11) malam.

Selain itu, kata Syamsuar, Porprov merupakan pesta olahraga yang dinantikan masyarakat dan salah satu tujuannya untuk meningkatkan sektor pariwisata dan bangkitnya pemulihan ekonomi yang dalam beberapa tahun belakangan ini terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Semoga dengan Porprov ini ada kembali semangat juang ekonomi bagi masyarakat setelah melewati pandemi dan kolaborasi swasta dan pemerintah dalam mencetak atlet yang berprestasi," kata Syamsuar.

Gubri juga memberikan penghargaan kepada KONI dan Bupati Kuansing dan jajarannya yang telah bekerja keras mempersiapkan penyelenggaraanPorprov dengan baik dan pembukaan berlangsung dengan meriah.

"Terima kasih kepada Bupati Kuansing dan KONI Provinsi yang telah mempersiapkan acara dengan baik dan juga terima kasih kepada kabupaten/kota yang telah mempersiapkan atlet dalam ajang Porprov ini," kata Syamsuar.

Sementara itu Ketua KONI Riau Iskandar Hoesen mengungkapkan bahwa Porprov Xini diikuti sebanyak 12 kabupaten/kota dan diikuti sebanyak 4.456 atlet.

Dalam Porprov ini dipertandingkan sebanyak 335 nomor yang memperebutkan 375 medali emas, 375 perak dan 530 perunggu, untuk pertandingan dilaksanakan di Kabupaten Kuansing sebabyak 23 cabang, dua cabangsenam dan renang di Pekanbaru, dan satu cabang digelar di Kabupaten Inhuyakni Panjat Tebing, terang Iskandar.

Ia juga berharap penyelenggaraan Proprov ini bertujuan untuk mengukir prestasi, keuangan, kerakyatan, dan Kuansing banyak melahirkan atlet berprestasi di cabangdayung yang telah berhasil meraih medali pada Sea Games yang lalu .

"PerjalananPorprov tidak ringan dan penuh dinamika, sebagai olahragawan harus ada perjuangan, atas nama KONI Riau mengucapkan terima kasih kepada Gubri dan tuan rumah sehingga pelaksanaan Porprov berjalan dengan baik," kata Iskandar.

Pembukaan Porprov ditandai dengan devile dari 12 kontingen dari Kabupaten/kota dan juga pesta kembang api dan ribuan masyarakat antusias memadati stadion Sport Center Teluk Kuantan