Anggota Polres Dumai menembus seberangi laut kirim bantuan

id Polres Dumai, Kampung Geniot

Anggota Polres Dumai menembus seberangi laut kirim bantuan

Aksi sosial dan pelayanan kesehatan Polres Dumai ke Kampung Penempul Geniot. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Sejumlah anggota Kepolisian Resort Dumai rela menempuh perjalanan laut selama satu jam dan berganti perahu kecil demi mengantarkan paket bantuan bahan pokok dan vitamin serta pemeriksaan kesehatan bagi warga di Kampung Penempul Kelurahan Geniot, Kecamatan Sei Sembilan.

Rombongan dipimpin Wakil Kapolres Dumai Komisaris Polisi Josina Lambiombir ini didampingi Kasat Lantas Ajun Kompol Akira Ceria, Kasat Pol Airud AKP Budi Rahmadi dan Kapolsek Sungai Sembilan Iptu Bonardo Purba serta Dokkes Klinik Polres dan Bhabinkamtibmaspada Sabtu (5/11).

Perjalanan panjang menuju Kampung Penempul ini membutuhkan perjuangan keras, karena untuk sampai ke wilayah pinggiran Dumai itu harus lewat laut dan berganti sampan kecil agar kapal patroli Polair tidak kandas masuk ke sekitar pantai.

Kapolres Dumai Ajun Kombes Polisi Nurhadi Ismanto melalui Wakapolres Kompol Josina Lambiombir mengatakan, kegiatan bakti sosial dan kesehatan ke daerah pinggiran ini untuk menyasar masyarakat setempat guna memastikan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

"Sebagai bentuk kepedulian jajaran Polres Dumai terhadap kesehatan masyarakat, maka kami melaksanakan kegiatan bhakti sosial dan kesehatan ini Kampung Penempul Kelurahan Geniot yang merupakan kampung nelayan untuk menyerahkan bantuan sosial dan pemeriksaan kesehatan gratis," kata Kompol Josina.

Ditambahkan perwira menengah ini bahwa untuk menuju ke Kampung Penempul itu hanya bisa ditempuh melalui jalur laut, sebab akses transportasi darat sulit dilalui, terlebih lagi di saat musim hujan, sehingga serta setempat kurang menerima akses kesehatan.

Dalam kegiatan bhakti kesehatan, sebanyak 15 orang dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan serta vitamin secara gratis. Terbanyak warga mengalami gatal-gatal pada kulit dan demam.

Kemudian, dibagikan beberapa paket sembako kepada masyarakat penerima yang sebelumnya sudah didata oleh Bhabinkamtibmas Sungai Geniot Bripka Edy Purwanto.

"Semoga bantuan dan kegiatan kami lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat dan diharap agar kita terus bersama menjaga rasa aman dan nyaman di lingkungan tempat tinggal," demikian Wakapolres Kompol Josina.

Warga setempat, Zal menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan dan kepedulian sosial serta aksi kesehatan jajaran Polres Dumai ke Kampung Penempul, dan ini membuktikan polisi hadir di tengah masyarakat sebagai pelindung, pelayan dan pengayom.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan pengobatan gratis dan bagi-bagi sembako dari Kapolres Dumai ini. Jujur saja, kami sudah sangat lama tidak menerima akses kesehatan yang datang ke kampung ini karena akses transportasi sulit dan harus melewati laut," kata Zal saat itu.