Kadin Dumai Dorong Pemerintah Sosialisasikan Dana UMKM

id kadin dumai, dorong pemerintah, sosialisasikan dana umkm

Kadin Dumai Dorong Pemerintah Sosialisasikan Dana UMKM

Dumai, (antarariau.com) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kota Dumai, Riau mendorong pemerintah kota melalui Dinas Koperasi dan UKM untuk mensosialisasikan kucuran bantuan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Ketua Kadin Dumai, Syafruddin Atan Wahid menyatakan, dalam pertemuan Rapimnas Kadin di Palembang diungkapkan bahwa Kadin Indonesia menyediakan bantuan usaha bagi pelaku UMKM di seluruh Kabupaten Kota.

"Hasil Rapimnas diketahui bahwa Kadin Indonesia mendorong pemerintah dan pelaku usaha mikro kecil menengah untuk memanfaatkan kucuran bantuan usaha untuk mendukung kemajuan dan peningkatan usaha yang sudah berjalan minimal setahun," kata Ketua Kadin Dumai, Selasa.

Ia mengatakan, jenis bantuan permodalan berupa dana tunai tersebut diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang memenuhi persyaratan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan usaha.

Pelaku UMKM dapat memperoleh kucuran bantuan usaha diberikan sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan dengan minimal Rp 100 juta dan maksimal bisa mencapai miliaran rupiah.

"Secepatnya kita akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi UKM Dumai agar penyediaan bantuan usaha dari Kadin Indonesia ini dapat dinikmati pelaku usaha dengan harapan tahun depan sudah diwujudkan," ujar Syafruddin yang juga Direktur Perusahaan Daerah (Perusda) PT Pelabuhan Dumai Berseri ini.

Ia juga mengatakan, sejauh ini pihaknya belum melakukan pendataan terkait UMKM calon penerima manfaat bantuan modal dari Kadin tersebut, karena masih melakukan persiapan dan sejumlah sosialisasi meluas.