KBRI Brunei gelar turnamen badminton persahabatan peringati Hari ASEAN ke-55

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara, hari ASEAN

KBRI Brunei gelar turnamen badminton persahabatan peringati Hari ASEAN ke-55

KBRI Bandar Seri Begawan menggelar acara pertandingan bulu tangkis persahabatan di Aula Diplomatik KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, dalam rangka memperingati Hari ASEAN ke-55, Minggu (21/8/2022). (ANTARA/HO-KBRI Bandar Seri Begawan)

Jakarta (ANTARA) - KBRI Bandar Seri Begawan menggelar acara pertandingan bulu tangkis persahabatan di Aula Diplomatik KBRI Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, dalam rangka memperingati Hari ASEAN ke-55, Minggu (21/8).

“Dalam 55 tahun usianya, ASEAN telah diakui sebagai organisasi regional yang paling sukses berkontribusi pada perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran bagi masyarakatnya di kawasan dan bagi komunitas internasional, termasuk pada masa krisis ekonomi dan pandemi,” kata Dr. Sujatmiko, Dubes RI untuk Brunei Darussalam dalam keterangan tertulis KBRI.

Penjabat Menteri Luar Negeri II Brunei Pengiran Datin Shazainah binti Pengiran Dato Paduka Shariffuddin dan salah satu anggota keluarga kerajaan Dr. Pengiran Anak Mansurah Izzul Bolkiah hadir dalam acara tersebut.

Pertandingan persahabatan itu diikuti 17 perwakilan asing yang mencakup duta besar, staf dan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Brunei Darussalam.

Sujatmiko menuturkan, "ASEAN telah menghadapi beberapa tantangan sepanjang perjalanannya. Namun, dengan kekompakan dan hubungan yang erat antara negara-negara anggota dan rakyatnya, kita selalu dapat bekerja sama untuk menemukan solusi dan bergerak maju bersama".

Menurutnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan kerja sama antara perwakilan negara anggota ASEAN dan perwakilan asing lainnya di Brunei Darussalam serta dengan Pemerintah Brunei Darussalam di berbagai bidang, khususnya olahraga dan kegiatan sosial lainnya.

Oleh karena itu, Sujatmiko berharap forum tersebut dapat bermanfaat untuk mempertemukan sekaligus membina kebersamaan dalam suasana yang cair dan hangat antarperwakilan negara anggota ASEAN, mitra wicara ASEAN, dan negara-negara lainnya, serta kementerian terkait Brunei.

Pada 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN, sesuai dengan rotasi keketuaan setelah Kamboja saat ini.

Dubes RI juga mengharapkan dukungan dari Pemerintah Brunei Darussalam dan perwakilan asing lainnya di Brunei Darussalam untuk menyukseskan Keketuaan Indonesia pada 2023 mendatang.

Dalam turnamen persahabatan tersebut ada dua kategori yang dipertandingkan yakni: Exhibition Fun Game yang diikuti dubes atau pasangan, pejabat tinggi Brunei dan keluarga kerajaan, dan Pertandingan Persahabatan yang diikuti staf perwakilan asing dan kementerian Brunei.

Pada partai final, pasangan Kol. Angelo Gerard P. Ariles dan Hermosillo T. Inoferio dari Kedubes Filipina berhasil menaklukkan pasangan Abdul Rashid Haji Idris dan Maidin Haji Tamat dari Kemenlu Brunei. Pemenang membawa pulang Piala Bergilir yang disiapkan KBRI Bandar Seri Begawan.

Baca juga: Dubes RI di Kazakhstan dorong kolaborasi di antara anggota ASEAN

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani: Keketuaan RI di ASEAN momentum turunkan tensi politik dunia