Forkopimda Kampar gelar vaksinasi Merdeka serentak

id Vaksinasi,Vaksinasi merdeka

Forkopimda Kampar gelar vaksinasi Merdeka serentak

Forkopimda Kampar gelar vaksinasi merdeka serentak. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Gebyar menyambut HUT RI ke-77 Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kampar menggelar vaksinasi massal se-Indonesia, Selasa.

Vaksinasi Merdeka ini digelar selama tiga hari di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau sejak 14Agustus 2022.

Pada Selasa ini vaksinasi diadakan di halaman Mapolsek Tambang sekaligus mengikuti video conference bersama Gubernur, Kapolda dan Forkopimda Riau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri mewakili Penjabat Bupati dalam arahannya menyampaikan ucapan dan apresiasi terhadap pelaksanaan Vaksinasi Merdeka yang menitik beratkan pada pelaksanaan vaksinasi booster, vaksinasi dosis I dan II.

"Pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan di delapan tempat dan capaian vaksinasi di Kampar sebesar 83 persen untuk dosis pertama, 70 persen vaksinasi dosis kedua dan 19 persen untuk vaksinasi booster dari patokan 50 persen, sementara untuk vaksinasi keempat diutamakan kepada tenaga kesehatan," terangnya.

Dia mengajak semua masyarakat dapat melaksanakan vaksinasi sampai selesai dan vaksinasi itu di fokuskan juga untuk anak-anak dan usia lanjut.

Kapolda Riau Muhammad Iqbal dalam sambutannya pada vidcon dari Polresta Pekanbaru menyampaikan bahwa vaksinasi yang dilakukan merupakan vaksin merdeka dengan jumlah sebanyak 26 ribu dosis.

Jumlah vaksinator sebanyak 288 orang pada 303 titik vaksinasi yang tersebar di 12 Kabupaten /Kota di Provinsi Riau.

"Ini untuk percepatan dan pencapaian maksimal vaksinasi sebagai momentum perjuangan yang kita gelar selama tiga hari," ujarnya seraya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Pemkab/Pemko se-Provinsi Riau.

Iqbal menjelaskan bahwa capaian vaksinasi di Riau sebesar 100 persen untuk dosis pertama, 80 persen untuk dosis kedua dan sebesar 23 persen untuk dosis booster.

Kolaborasi seluruh instansi dengan bergandeng tangan dan menerapkan Prokes, percepatan akselerasi vaksinasi, kesiapan rumah sakit, isoter tetap di siagakan.

"Insya Allah Covid-19 dapat kita kendalikan, ini menggambarkan bahwa kita merupakan Bangsa Pejuang," ujarnya.

Sementara Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn.) Edy Afrizal Natar Nasution didampingi Forkopimda Riau dalam sambutannya mengatakanpuncak Gebyar Vaksinasi Merdeka telah dilaksanakan ini memiliki

tujuan yakni untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi karena beberapa hari terakhir kasus muncul lagi.

"Kami sangat mengapresiasi atas inisiasi Kepolisian, yang sangat Peduli dan Siaga selalu, tanpa polisi capaian ini tak akan seperti ini," ujarnya.

Oleh sebab itu mari kita memasifkan kembali pelaksanaan vaksinasi di seluruh masyarakat, Lansia, anak sekolah dan seluruh masyarakat untuk membentuk Herd Immunity.

Dikatakan Edy Natar bahwa capaian booster untuk Provinsi Riau pada Agustus 26,83 persen.

"Harapan kita program seperti ini dapat kita lakukan penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di Provinsi Riau, sehingga Masyarakat dan anak - anak dapat kita jaga dan tetap dalam kondisi sehat," ternganga.

Senada dengan itu Kapolres Kampar menyebutkan bahwa tanpa bantuan kita semua, Polres Kampar tidak dapat berbuat banyak, sehingga Polres Kampar dapat melakukan ini dengan sukses..

"Saya selaku Pejabat Kapolres Kampar meminta mudahan-mudahan selama saya menjabat Kapolres, situasi Kamtibmas makin kondusif dan program pemerintah dapat berjalan dengan baik," kata dia.