11 kabupaten/kota di Riau raih penghargaan kota layak anak 2022

id Pemrov Riau

11 kabupaten/kota di Riau raih penghargaan kota layak anak 2022

Semarak peringatan HAN tahun 2022 di Riau. (Foto:Antara/HO-Diskominfotik Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 11 kabupaten/kota di Provinsi Riau memperoleh penghargaan pada kegiatan Anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2022 bersamaan peringatan Hari Anak Nasional tahun ini.

"Peringatan HAN 2022 perlu terus diperjuangkan upaya dalam memenuhi hak anak-anak di negeri ini dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Melayu yang agamis," ujar Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dalam acara peringatan HAN tingkat Provinsi Riau tahun 2022, di Gedung Daerah Balai Serindit, di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, momentum HAN 2022 kedepan harus mampu mendorong unsur pemerintah, perusahaan, lembaga kemasyarakatan, pendidikan dan media massa untuk menjadi sektor terdepan dalam melakukan kerja-kerja aktif yang akan berimplikasi langsung terhadap tumbuh kembang anak.

HAN merupakan momentum untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin hak anak atas hidup, tumbuh dan berkembangnya.

"Selamat kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah mengintegrasikan seluruh sumber daya yang dimiliki, khususnya dalam mewujudkan kabupaten/kota layak anak di wilayahnya masing-masing," katanya.

Sebelas kabupaten/kota di Riau meraih anugerah Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA) dari Pemerintah provinsi Riau adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak berhasil meraih anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) tertinggi di Provinsi Riau tingkat Utama.

DP3AP2KB Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru meraih tingkat Nindya.

DP3AP2KB Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Indragiri Hilir tingkat Madya. Serta DP3AP2KB Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hilir untuk tingkat Pratama.

Penerima DAFA Award 2022 dari Kementerian PPPA RI kategori Pendataan Tercepat juga diberikan kepada Forum Anak Riau, berikut Forum Anak Kabupaten Pelalawan sebagai penerima DAFA Award 2022 dari Kementerian PPPA RI kategori Forum Anak Tingkat Kabupaten Terbaik.

Selain itu Risdayati sebagai Mitra Kerja Pengembangan Program KLA. Lalu, Hilva Ramadhani sebagai Sekolah Ramah Anak. Bapas Kelas II Pekanbaru dan LPKA Kelas II Pekanbaru sebagai Organisasi/Lembaga Pemerintah yang berdedikasi dalam pengisian SIMEP-PA KPAI Tahun 2022. Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau sebagai Mitra Kerja Pelaksanaan Program Kerja Forum Anak Riau.